10 Menu Buka Puasa Ramadhan dari Berbagai Negara, Salah Satunya Mirip Masakan Indonesia

19
10 Menu Buka Puasa Ramadhan dari Berbagai Negara, Salah Satunya Mirip Masakan Indonesia
Sumber : Al Arabiya

10 Menu Buka Puasa Ramadhan dari Berbagai Negara, Salah Satunya Mirip Masakan Indonesia – Ada banyak jenis menu buka puasa yang hadir di berbagai belahan negara.

Aneka masakan ini lah yang menemani umat muslim setiap kali berbuka setelah menahan diri dari makan dan minum seharian.

Bukan hanya dibuat secara pribadi di rumah, tak jarang berbagai menu tersebut dijajakan di pasar Ramadhan yang hadir dalam sebulan sekali dalam satu tahun ini.

10 Menu Buka Puasa Ramadhan Berbagai Negara

10 Menu Buka Puasa Ramadhan dari Berbagai Negara, Salah Satunya Mirip Masakan Indonesia
Sumber : Al Arabiya

Melansir Al Arabiya, berikut ini adalah 10 menu buka puasa Ramadhan dari umat muslim berbagai negara dengan keunikannya masing-masing:

Mesir

Di mesir terkenal sajian daun anggur yang diisi dengan nasi, daging, dan rempah-rempah. Saking populernya, bahkan hidangan ini juga ada di negara-negara Arab lainnya dengan sedikit variasi yang berbeda.

India

Samosa chaat adalah menu buka puasa yang siap menemani bulan Ramadhan di India. Samosa sendiri adalah kue kering berisi kentang goreng, yang dihancurkan ke dalam mangkuk dan ditutup dengan yoghurt dan asam jawa untuk diratakan.

Irak

Tepsi betenjan, yang diterjemahkan menjadi piring terung, adalah hidangan Ramadhan klasik yang disajikan saat berbuka puasa di Irak.

Ini adalah casserole terung yang terbuat dari irisan terong goreng, bakso, tomat, bawang merah, dan bawang putih yang semuanya ditempatkan di loyang, ditutup dengan irisan kentang, dan dipanggang.

Pakistan

Menu buka puasa di Pakistan belum lengkap tanpa adanya chaat buah, yaitu salad buah segar yang dibumbui dengan chaat masala.

Palestina

Makloubeh adalah nasi yang terbuat dari daging. Ini merupakan hidangan yang sudah menjadi tradisi orang-orang di Palestina untuk menyajikannya ketika kumpul keluarga.

Suriah

Mahshi terbuat terong, dan daun anggur, diisi dengan campuran nasi, rempah-rempah, dan daging giling, yang kemudian direbus selama berjam-jam dalam saus tomat dan daun mint kering. Penampakan terong rebus yang disajikan di atas piring ini sedikit mengingatkan akan makanan tradisional Indonesia.

Sudan

Sajian yang harus dimiliki untuk olesan Ramadhan di Sudan adalah asida dan molaah. Asida adalah adonan yang dibuat dengan mengaduk tepung terigu ke dalam air mendidih, dan terkadang ditambahkan mentega atau madu. Asida biasnaya dimakan dengan molaah atau rebusan.

Tanzania

Kaimati, pangsit goreng renyah yang dilapisi sirup gula rasa safron, adalah makanan ringan Ramadhan dari Tanzania yang dimakan saat berbuka dengan kurma atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam.

Baca Juga : Terbuat dari Olahan Buah-buahan, Ini Aneka Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa

Uni Emirat Arab

Thereed adalah hidangan tradisional Emirat yang terbuat dari regag atau kerupuk roti yang dicampur dengan sup berbahan dasar tomat yang disebut saloona yang terdiri dari daging, kaldu daging, campuran bumbu Emirat, wortel, dan kentang.

Yaman

Fattah terbuat dari roti pita buatan sendiri, susu hangat, ghee Yaman atau mentega murni, dan madu.

Itulah sederet masakan khas dari berbagai negara yang biasa dihidangkan sebagai menu buka puasa setiap datangnya bulan Ramdhan.

Previous articleInvestasi vs Asuransi, Manakah yang Lebih Untung?
Next articleJangan Disepelekan, Berikut 3 Penyebab Nyeri Bahu