10 Minuman Penurun Kolestrol Yang Bahannya Gampang Ditemui, Kamu Pilih yang Mana?

10 Minuman Penurun Kolestrol Yang Bahannya Gampang Ditemui, kamu pilih yang mana? 

Ada macam macam kolesterol dalam tubuh manusia yang tisak semuanya membahayakan. Tubuh kita memerlukan kolesterol baik yang berfungsi membangun selubung saraf serta membran sel. 

Ada dua jenis kolesterol yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolestrol baik serta low-density lipoprotein (LDL) atau kolestrol jahat.

Sebenarnya Kolestrol LDL diproduksi tubuh secara alami, tetapi bila kita tak menerapkan pola hidup yang sehat, jumlah LDL dapat meningkat dan memicu berbagai penyakit berbahaya. Akan tetapi, bila jumlah LDL yang ada dalam tubuh kita lebih banyak, maka kita bisa menguranginya secara rutin dan mengkonsumsi 10 Minuman Penurun Kolestrol Yang Bahannya Gampang Ditemui, kamu pilih yang mana?

1. Teh serai 

Minuman Teh serai mampu menurunkan kadar kolesterol disebabkan oleh kandungan anti-hiperlipidemik serta anti-hiperkolesterolemia didalamnya. Fungsinya ialah memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Rutin meminum teh serai ini bisa bantu meminimalisir risiko penyakit jantung dan hipertensi.

2. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 2,19 mg/dL. Walau bisa menurunkan LDL, sayangnya teh hijau tidak bisa menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuhmu. Agar hasilnya bisa maksimal, kamu perlu konsumsi secara rutin dua cangkir sehari selama 1 bulan.

3. Air mentimun

Penurun kolesterol yang ke 3 adalah air mentimun. Hal itu karena didalamnya mengandung zat potasium serta zat antioksidan. Sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol yang menyebabkan penyakit degeneratif. Mentimun bisa kamu konsumsi dengan dijadikan es buah atau infused water.

4. Kunyit asam

Minuman herbal penurun kolesterol selanjutnya adalah kunyit asam. Minuman ini dapat menurunkan LDL hingga 33 persen jika dikonsumsi sebanyak 500 gr per harinya selama satu minggu. 

5. Susu kedelai

Susu kedelai berasal dari tanaman polong-polongan, susu kedelai memiliki manfaatkan sebagai minuman penurun kolesterol cepat yang aman dikonsumsi. Dalam sebuah studi juga menyebutkan kalau susu kedelai bisa menurunkan LDL serta menaikkan HDL cukup cepat.

Tak hanya minuman diatas yang bisa menurunkan kolesterol. Beberapa pilihan minuman jus berikut ini bisa menurunkan kolesterol secara alami:

6. Jus alpukat

Dalam alpukat, terdapat kandungan lemak tak jenuh dan serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik. Untuk menurunkan kadar kolesterol secara cepat, kamu bisa memilih jus alpukat ini. Pembuatannya dari campuran air rebusan daun salam yang diblander dengan alpukat.

7. Jus belimbing

Kandungan vitamin C dalam jus belimbing juga cukup berpengaruh untuk mengatur kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi jus ini dengan campuran air temulawak serta air jeruk nipis supaya khasiatnya labih maksimal. 

8. Jus anggur

Kandungan nutrisi pada anggur mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus menjaga kolesterol baik supaya tetap seimbang. Untuk meminum jus anggur disarankan sekitar 177 hingga 470 cc saja setiap hari. Tapi lebih baiknya, jus anggur tidak ditambahkan gula atau pemanis lain.

9. Jus beri

Kandungan antioksidan dalam beri-berian ini dapat menjaga keseimbangan kadar kolesterol sehingga aman jika dikonsumsi sebagai tindak pencegahan. Untuk membuat jus beri, siapkan masing-masing 12 buah stroberi dan bluberi kemudian blender dengan tambahan air dan es batu.

10. Jus delima 

 

Jus delima memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih tinggi dibandingkan teh hijau. Berkat kandungannya ini, jus delima sering dimanfaatkan untuk mengurangi penurunan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Untuk mengurangi keasaman delima, bisa kamu campur dengan apel saat dibuat jus nanti.

Nah, diatas ada 10 Minuman Penurun Kolestrol Yang Bahannya Gampang Ditemui, kamu pilih yang mana? Jangan sampai salah ya.