12 Jenis Makanan yang Disarankan Untuk Penderita Autoimun

69

Belum lama ini, penyanyi Ashanty mengungkapkan bahwa ia menderita penyakit autoimun. Kabar itu disampaikannya lewat unggaha di akun Instagram-nya, pada Selasa, 8 Oktober 2019. Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang umum meliputi lupus, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, psoriaris, dan masih banyak lagi. Namun, jenis penyakit autoimun yang diderita istri Anang Hermansyah itu belum diketahui.

Penyakit autoimun adalah kondisi sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel sehat. Normalnya, sistem imun hanya akan bereaksi ketika tubuh terserang kuman, virus, bakteri, atau toksin. Namun pada penderita autoimun, sistem kekebalan tubuhnya keliru dan menyerang sel-sel yang sebenarnya tidak bermasalah. Kondisi ini menyebabkan penderita menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Manfaat pola makan penderita penyakit autoimun diharapkan dapat mengurangi gejala penyakit autoimun, mengembalikan kerja sistem kekebalan tubuh seperti sedia kala, mencegah munculnya respons dari sistem imun tubuh dan mencegah kemungkinan terjadinya penyakit autoimun sekunder.

Anda perlu menjalani diet penyakit autoimun selama beberapa minggu sebelum dapat mulai menambahkan jenis makanan lain, di luar menu diet. Penambahan menu pun harus dilakukan secara bertahap. Misalnya, setiap beberapa hari hingga seminggu sekali. Lalu, pantau apakah Anda memiliki reaksi terhadap makanan tersebut atau tidak. Jika mengalami efek samping tertentu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut untuk waktu yang cukup lama.

Selama menjalani diet, beberapa jenis makanan untuk penderita autoimun berikut bisa disertakan ke dalam menu, yaitu;

  1. Daging dan ikan-ikanan
  2. Sayur-sayuran, kecuali sayur yang berasal dari famili Solanaceae (seperti tomat, terong, paprika, kentang. dan sejenisnya).
  3. Ubi jalar
  4. Santan
  5. Minyak alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa
  6. Makanan fermentasi bebas susu, seperti kombucha atau kimchi
  7. Rempah, seperti daun basil, daun mint, dan oregano
  8. Teh hijau
  9. Kaldu dari rebusan tulang
  10. Cuka, seperti cuka apel dan cuka balsamik
  11. Buah-buahan, tapi hanya dalam jumlah sedikit. Dalam menjalani diet penyakit autoimun, buah-buahan sebenarnya tidak selalu boleh dimakan.
  12. Madu atau sirup maple, namun hanya dalam jumlah sedikit.

[zombify_post]

Previous articleKurang Paparan Sinar Matahri? Yuk, Kunyah 5 Makanan Bervitamin D Ini
Next article5 Sifat Toxic People Yang Wajib Dihempaskan dari Siklus Pertemanan!