12 Tingkah Pelamar Kerja Yang Bikin HRD Ngakak Sampai Elus Dada

Ada berbagai macam tipe pencari dan pelamar kerja yang terkadang bisa membuat pusing staf HRD ketika sedang menyeleksi pegawai baru.

Tak jarang kelakuan ataupun tingkah para pelamar kerja tersebut membuat perekrut atau user sampai bingung, tertawa, bahkan hingga mengelus dada.

Nah dalam beberapa hari terakhir ini, akun Twitter @hrdbacot sengaja bertanya kepada netizen mengenai pengalaman unik mereka ketika bertemu kandidat kerja. Dan berikut 10 jawaban di antaranya yang paling bikin ngakak buat kamu dan HRD itu sendiri pastinya.

1. Sejatinya, bukan cuma pihak HRD atau manajer yang kerap menimbulkan rasa kesal si pelamar karena banyak mengajukan pertanyaan atau tuntutan yang aneh-aneh. Kandidat juga sangat sering membuat staf HRD sampai harus mengelus dada ketika mendapati orang-orang atau pelamar kerja yang bertingkah ‘lucu’ seperti ini.

2. Melamar pekerjaan dengan restu orang tua sudah biasa dan memang banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Tapi ternyata banyak juga pelamar kerja yang harus minta izin pacar untuk menolak pekerjaan bahkan ogah menerima pekerjaan setelah dinyatakan lolos hanya karena tidak bisa jauh dari si dia. Waduh!

3. Bersikap sopan adalah salah satu hal yang wajib diperlihatkan saat sedang melakoni wawancara kerja. Kalau tidak, status pengangguran yang melekat di muka kamu pasti bakalan lebih lama.

4. Mencari kerja di jaman sekarang memang sangat susah tapi jangan juga sampai kamu mau meminta dipekerjakan jadi apa saja. Kalau begitu kan, bisa-bisa si pelamar dengan HRD-nya jadi malah saling tanya.

5. Terlalu jujur juga nggak bikin kamu bakalan langsung keterima kerja. Tapi untuk kejujuran yang satu ini sih asli parah, parah banget, wkwkwkwk!

6. Satu pelajaran juga untuk para HRD, pastikan untuk kamu tahu atau memastikan bagaimana cara memanggil nama kandidat agar tidak jadi ditegur seperti ini. Bisa berabe kan urusannya.

7. Bukan cuma nama yang kebule-bulean, kadang-kadang ada juga pelamar kerja yang ingin dipanggil ala-ala Korea. Wkwkwkwk, termasuk kamu bukan?

8. Nah untuk yang satu ini, si pelamar kerja mungkin sedang mencoba untuk membangun image yang lebih cool dengan cara yang sedikit serius.

9. Salah satu percakapan paling lucu antara HRD dan pelamar kerja. Karena pernikahan saudara yang bukan orang sembarang, kandidat ini minta keringanan waktu. Belum juga keterima, eh dianya sudah main atur-atur segala. Fix kamu bakal jadi pengangguran lagi deh.

10. Kalau jawaban bisa dicari di Google sepertinya HRD nggak harus mengundang pelamar untuk datang wawancara kerja.

11. Bagaimana menurut dengan percakapan antara pelamar kerja dengan HRD ini? Kalau Melihat percakapan HRD dan dua pelamar ini, pastinya kamu sudah tahu bahwa kesal karena kelakukan pelamar kerja mungkin sudah menjadi santapan sehari-hari buat yang berprofesi sebagai HRD.

12. Aneh-aneh saja ya kelakuan para pelamar. Belum juga dites sudah minta di postifikan bakan keterima. Waduh!