3 Cara Paling Ampuh untuk Menguji Teman Baik atau Buruk

Karakter seseorang tidak dapat dibaca secara sekilas. Apakah dia orang yang baik orang buruk tidak bisa hanya melihat pada media sosialnya dan perangai luarnya. 1 min


Karakter seseorang tidak dapat dibaca secara sekilas. Apakah dia orang yang baik orang buruk tidak bisa hanya melihat pada media sosialnya dan perangai luarnya. 

Orang bisa bersikap baik ketika mengenalkan diri di media sosial. Namun dalam kehidupanya nyata belum tentu baik.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menguji seseorang antara baik dan buruk? Simak ulasannya berikut ini:

  1. 1 Pergi Jauh Bersama


    Untuk mengetahui karakter seseorang baik atau buruk, salah satunya adalah dengan cara bepergian jauh bersama. Saat itu, karakter seseorang yang sesungguhnya akan benar-benar muncul. Misalnya, saat mendaki gunung bersama.

    Ketika orang sedang pergi jauh dalam waktu lama pasti terdapat rasa senang dan rasa duka. Bagaimana orang menyikapi rasa tersebut, adalah karakter orang sesungguhnya.

    Ketika sedang bepergian jauh, ada orang yang suka mengeluh, bersikap tidak jujur, bergantung pada orang lain, suka menyusahkan orang lain, suka minta-minta dan lain sebagainya. Jika orang bersikap seperti itu di tengah perjalanan, maka dapat disimpulkan begitulah karakter orang tersebut yang sebenarnya.

    Sementara itu, ada orang yang saat bepergian jauh tampak sangat tangguh, pantang menyerah, tak ingin merepotkan temannya, suka menolong, selalu bersikap jujur baik dalam kondisi suka maupun duka. Dan orang seperti itu, adalah teman yang sangat baik dalam arti yang sebenarnya.

    Biasanya, saat kalian melakukan pendakian gunung yang harus memakan waktu lama, membutuhkan energi sangat banyak, banyak rintangan yang harus dihadapi, akan tampak masing-masing dari karakter teman. Itulah karakter mereka yang sesungguhnya.

  2. 2 Ketika Berurusan dengan Uang


    Lalu cara yang kedua untuk menguji karakter teman adalah ketika berurusan dengan uang. Apabila teman kamu ternyata ruwet ketika sudah berurusan dengan uang, maka dapat dipastikan akan ruwet juga dalam hal lainnya. Jika kamu ajak bekerja sama dalam banyak hal, bisnis misalnya, sudah pasti akan merugikan kamu juga.

    Uang adalah hal yang sangat penting bagi semua orang. Beberapa orang bisa dibuat buta karena urusan tersebut. Namun orang yang baik akan melihat hubungan pertemanan jauh lebih penting daripada uang.

    Buktinya banyak sekali sebuah pertemanan yang kemudian hancur karena masalah keuangan. Sebut saja dalam sebuah grup band, bisa amburadul jika ada masalah dalam keuangan.

    Dalam urusan uang ini, akan tampak orang yang punya karakter rakus--tidak peduli dengan urusan orang lain. Selain itu, ketika sudah menyangkut uang, beberapa orang rela berbohong kepada teman sendiri demi kesejahteraan dirinya sendiri.

    Nah, jika kamu ingin melihat karakter seseorang yang sejati adalah ketika kamu punya urusan keuangan. Jika tidak ada masalah, maka dia akan menjadi teman yang baik untukmu. Namun jika terdapat tanda-tanda bermasalah, sebaiknya tidak kamu jadikan teman lagi orang yang seperti itu.

  3. 3 Sifat Amanah


    Amanah adalah menyangkut menjaga kepercayaan. Orang yang baik pasti akan menjaga amanah dengan baik. Ketika kamu memberikan amanah kepada seseorang, lantas ia dapat menjaga amanah tersebut, maka dia adalah orang yang kamu jadikan teman baik.

    Contoh mudahnya adalah dua orang yang saling mencurahkan isi hati. Kedua orang tersebut ingin semua yang telah diungkapkan harus dijaga, tidak boleh bocor kepada orang lain. Jika salah satu kemudian membocorkan rahasia, berarti orang tersebut bisa dikatakan tidak amanah. Orang yang amanah pasti akan menjaga rahasia teman sendiri dalam kondisi apapun.

    Selain itu, contoh amanah juga dapat tergambar dalam dua orang yang saling bekerja sama. Misalnya, kamu titip amanah menjaga uang. Jika uang tersebut aman maka dia adalah teman yang baik. Namun jika kemudian 'digelapkan', maka dapat dipastikan orang tersebut tidak amanah dan tidak baik dijadikan teman.

    Kesimpulannya, amanah adalah tentang menjaga kepercayaan dan tanggung jawab. Jika orang tak pernah memiliki masalah dengan hal tersebut, maka dipastikan ia bisa dijadikan rekan yang baik.

    Itulah tiga cara paling ampuh untuk menguji apakah seseorang bisa kita jadikan sebagai teman yang baik atau sebaliknya, yaitu orang yang bisa membuat kita menderita.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item