3 Jenis Buah yang Wajib dihindari Bagi Penderita Diabetes

6
3 Jenis Buah yang Wajib dihindari Bagi Penderita Diabetes
Sumber : Canva

3 Jenis Buah yang Wajib dihindari Bagi Penderita Diabetes – Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang telah banyak merenggut nyawa banyak orang.

Diabetes jika tidak ditangani secara cepat akan menimbulkan berbagai macam penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, gigi, kerusakan ginjal dan saraf, penurunan daya tahan tubuh, dan luka sulit untuk sembuh.

Faktor penyebab diabetes ini pun beragam. Salah satunya dalam pemilihan menu makanan dan minuman. Makanan dan minuman manis  dapat memicu diabetes.

Jika biasa buah memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa buah yang perlu diwaspadai untuk penderita diabetes.

Pasalnya, buah tersebut memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga memudahkan untuk gula darah naik seketika. Apa saja buah tersebut? Simak ulasan berikut.

3 Jenis Buah yang Wajib dihindari Bagi Penderita Diabetes
Sumber : Canva

Buah kering

Buah kering mengandung lebih banyak gula atau karbohidrat dibandingkan dengan buah aslinya.

Hal ini karena saat buah dikeringkan akan mengandung lebih tinggi karbohidrat per sajian daripada buah segar utuh.

Dikuti dari Healthline, misalnya satu cangkir buah anggur mengandung 27 gram karbohidrat, termasuk 1 gram serat.

Sebaliknya, satu cangkir anggur kering atau kismis mengandung 115 gram karbohidrat, 5 gram di antaranya merupakan serat.

Pada dasarnya, buah kering mengandung fruktosa sekitar 22 hingga 51 persen. Konsumsi fruktosa secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dampak buruknya tersebut seperti peningkatan risiko kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung.

Jus Buah

Jus buah ini bahkan dianggap mirip seperti minuman bersoda dan minuman pemanis lainnya. Jus buah tersebut juga berlaku bagi jus buah tanpa gula.

Para penderita diabetes diajurkan untuk menghidari jus buah. Hal ini dapat membahayakan kesehatan tubuh penderita diabetes sendiri.

Dalam jus buah tidak mengandung serat, cepat dimetabolisme, serta meningkatkan gula darah dalam hitungan menit saja.

Selain itu, jus buah mengandung fruktosa yakni jenis gula yang mendorong resistansi insulin, obesitas, hingga penyakit jantung.

Buah dengan Angka Indeks Glikemik yang Tinggi

Indeks glikemik ini merujuk pada acuan dalam mengukur seberapa banyak makanan tersebut mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Baca Juga : Penderita Diabetes Wajib Tahu! Berikut 3 Makanan yang Tidak Boleh Dikombinasi dengan Nasi

Makanan dengan angka indeks glikemik yang tinggi mengandung karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh. Sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat.

Buah yang memiliki angka indeks glikemik yang tinggi yaitu buah nanas (68), pepaya (60), pisang (56), kurma (42), dan kismis (28).

Jadi disarankan untuk menghindari buah yang memiliki angka indeks glikemik yang tinggi. Semakin tinggi karbohidrat, semakin tinggi pula beban glikemiknya.

Jika beban glikemiknya tinggi, maka semakin besar kemungkinan gula darah akan naik saat mengonsumsinya.

Previous articleBunda Wajib Tahu! 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Anak Jadi Cerdas
Next articleApakah Kamu Tahu? Ternyata Posisi Jerawat Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan Tubuh Lho!