3 Tips Menghemat Uang Ala Anak Kos

Semangat menabung bisa ditunjang dengan menentukan tujuanmu menabung untuk apa. 1 min


0

Menjadi anak kos adalah pengalaman hidup yang sangat berharga. Jauh dari keluarga dan bertanggung jawab atas diri sendiri menjadi konsekuensi pasti bagi seorang anak kos. Termasuk bertanggung jawab atas keuangan yang diberikan oleh orang tua di rumah. Jika Kamu bijak maka selamatlah perutmu dari ancaman kelaparan. Jika Kamu teledor maka bersiaplah untuk sengsara di penghujung bulan.
Nah, kali ini aku akan berbagi 3 tips menghemat uang ala anak kos. Tapi jangan khawatir, tips ini tidak hanya berlaku buat anak kos saja kok, bagi Kamu yang bukan anak kos tapi ingin belajar menghemat uang, tips-tips ini patut untuk dicoba. Semoga berhasil yaa….!

  1. 1 Buat daftar prioritas kebutuhan

    Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Ketika kamu memegang sejumlah uang ada baiknya kamu membuat daftar kebutuhan yang diurutkan berdasarkan skala prioritas. Merencanakan penggunaan uang semacam ini setidaknya akan membuatmu lebih disiplin dalam menggunakan uang tersebut. Kamu akan lebih kebal ketika tiba-tiba menemukan godaan diskon besar-besaran.

  2. 2 Belajar menabung


    Ingat pepatah jaman SD dulu “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”, nah menabung adalah salah satu jalan ninja untuk mewujudkan prinsip hemat dalam hidup. Dari pada uang yang ada kamu pakai untuk membeli keinginanmu yang ngga penting-penting banget lebih baik ditabung saja, bukan?
    Semangat menabung bisa ditunjang dengan menentukan tujuanmu menabung untuk apa. Misalnya, kamu ingin mengganti HP dalam jangka waktu 6 bulan ke depan, maka mulailah menabung sesuai dengan perhitunganmu itu. Kamu juga bisa menjadikan motivasi menabung sebagai simpanan darurat ketika nanti ada keadaan mendesak. Intinya dengan adanya motivasi, menabungmu akan terasa lebih ringan.


  3. 3 Sedekah


    Yang perlu digarisbawahi adalah menghemat bukan berarti pelit. Berhemat tidak harus membuatmu jadi kikir. Pada hakikatnya harta merupakan milik Tuhan yang dititipkan lewat hamba-hamba-Nya, maka ketika ada yang membutuhkan jangan ragu untuk memberi bantuan.
    Lagian ngga ada ceritanya orang yang rajin sedekah dan berbagi jadi miskin dan melarat. Mereka malah hidup dengan sejahtera dan berkecukupan. Maka tips yang terakhir ini pun sangat sayang untuk tidak diterapkan. Selamat mencoba!!


Baca Juga:  4 Bumbu Masak yang Ternyata Punya Khasiat Mirip Obat

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality