4 Fakta Orang Bati, Manusia Terbang Dari Pulau Seram, Maluku

Buat kamu yang bukan orang timur, mendengar nama Orang Bati mungkin sedikit asing di telinga. Tapi bagi orang-orang Maluku, nama Orang Bati adalah sesuatu sama sekali tidak ingin mereka dengar. Pasalnya, Orang Bati diklaim merupakan sesosok makhluk yang kerap menyebarkan ancaman mengerikan.

Menurut orang Maluku, khususnya di Pulau Seram, Orang Bati dianggap sosok makhluk yang berwujud manusia merah yang memiliki sayap.

Orang Bati ditakuti karena konon suka memangsa bayi dan anak-anak. Orang Bati sendiri memang tidak belum memiliki bukti eksistensi hingga saat ini, tapi masyarakat setempat banyak yang percaya keberadaan makhluk satu ini.

Penasaran soal tentang makhluk mengerikan satu ini, berikut beberapa fakta tentang Orang Bati yang bisa jadi bakal buat kamu antara percaya dan tidak percaya.

Wujud Orang Bati disebut Sangat Mengerikan

Menurut masyarakat Pulau Seram, Orang Bati konon katanya menyerupai manusia, tapi berwarna merah. Ia juga diklaim mempunyai sayap layaknya kelelawar dengan bentang sayap yang lumayan lebar. Satu lagi, Orang Bati ini juga katanya memiliki ekor kecil tapi panjang dengan ujung lancip.

Orang Bati selalu digambarkan berwujud manusia, tapi ada juga yang menceritakan makhluk ini lebih menyerupai kera tapi berukuran besar. Soal tempat tinggal, menurut cerita masyarakat setempat, Orang Bati mendiami sebuah gunung dan bakal tetap di sana sampai matahari tenggelam, baru akan keluar tuk mencari mangsa.

Orang Bati Makan Daging Anak-Anak

Hal yang mengerikan lainnya soal Orang Bati adalah kebiasaannya yang menurut cerita masyarakat sana, gemar mencari mangsa manusia. Bukan sembarang manusia, tapi hanya mereka yang masih anak-anak saja.

Cara Orang Bati berburu sama seperti elang menangkap ular. Mereka bakal terbang dengan cepat sebelum akhirnya menerkam si korbannya tanpa pernah disadari.

Entah, kenapa Orang Bati suka menangkap anak-anak. Tapi, kalau kita anggap makhluk ini sebagai hewan, maka memang sudah instingnya untuk menerkam mangsa yang lemah.

Siapa pun yang Berhadapan dengan Orang Bati Pasti Mati

Mitos di masyarakat Pulau Seram mengatakan bahwa Orang Bati ini benar-benar tak bisa dicegah. Kalau ia sudah berburu, hampir tak ada harapan bagi manusia untuk melawannya. Mereka hanya bisa pasrah atau kabur ketika makhluk satu ini memekikkan suaranya yang khas lalu memicingkan matanya untuk mencari korban.

Melawan Bati pasti mati begitu menurut cerita masyarakat di sana. Entah, kenapa hal ini bisa terjadi. Tapi, mungkin karena Bati memanglah semacam monster yang tak bisa dilawan. Atau bisa jadi orang Bati punya kekuatan mistis yang membuat lawannya seolah tak berdaya.

Antara Mitos dan Cerita Sungguhan

Tidak adanya bukti soal keberadaan Orang Bati ini membuat banyak orang menilai ini hanyalah sebuah makhluk fiksi. Meski demikian, menurut masyarakat disana, bukti memang belum ada, tapi kalau kesaksian bisa dibilang sudah cukup banyak.

Dari cerita-cerita yang banyak beredar, beberapa orang mengatakan pernah melihat makhluk ini dan bentuknya pun persis seperti yang dideskripsikan.

Dan dari kesemua kesaksian yang ada, cerita dari Tyson Hughes bisa jadi yang paling fenomenal. Konon katanya, Tyson yang berprofesi sebagai misionaris bertugas untuk tugas menyebarkan agama Kristen di Pulau Seram. Lama di sana pria ini mendapatkan banyak cerita masyarakat tentang Bati.

Tyson tak percaya pada awalnya, hingga akhirnya ia melihatnya sendiri. Tyson pun membenarkan cerita-cerita soal Orang Bati yang awalnya ia anggap hanya bualan saja.

Jadi sobar sekalian, cerita-cerita terkait orang Bati memang kedengarannya susah tuk dipercaya. Tapi, sulit juga jika tidak dipercaya karena ada banyak saksi mata yang pernah melihatnya. Nah, kalau kamu sendiri penasaran dengan makhluk satu ini, sebaiknya kunjungi sendiri Pulau Seram. Dijamin kamu bakal dapatkan informasi yang lengkap soal Orang Bati.