4 Orang Kaya Raya Ini Dulunya Sangat Miskin, Inilah Kisah Menariknya!

Sebagai manusia, pasti pernah mengalami kegagalan atau masa sulit yang mengharuskan untuk melakukan tindakan yang nekad. Dengan kenekatan yang dilakukan itu, sering kali membuat seseorang berubah menjadi 180 derajad dari aslinya. Jika kamu mau siapa saja orang terkaya yang memiliki kisah pahit? Maka artikel ini akan mengulas secara lengkap siapa saja orang kaya raya yang pernah susah sebelum mereka kaya sampai sekarang.

  1. 1 Ciputra (Pebisnis Properti) Dulu Hidupnya Sempat Terpuruk Lantaran Ditinggal Ayahnya


    Kehidupannya dengan 6 saudaranya memang tidak terlalu miskin sebelumnya. Tetapi, karena ayahnya jadi tahanan Jepang lantaran dituduh mata mata hingga meninggal dipenjara, kehidupannya menjadi berubah total. Dirinya harus turun dikebun demi mengolah tanah, hingga berburu di hutan hanya sekedar mencari lauk untuk keluarganya. Mengingat usianya yang masih 12 tahun, Ciputra harus rela banting tulang untuk keluarganya.

    Lalu, dirinya pindah di Bandung dan kuliah di ITB. Pada waktu itu, Ciputra dengan dua temannya bekerja menjadipenawar jasa arsitek yang mereka miliki demi bertahan hidup. Dirinya pun berjuang dengan maksimal hingga memperoleh proyek besar yang diberikan gubernur bahkan presiden. Setelah dirinya menjalankan proses yang panjang, akhirnya pun sudah mencapai kesuksesan menjalankan proyek hingga perusahaannya pun semakin berekspansi.

  2. 2 Eka Tjipta Widjaja Sempat Miskin Sebelum Sukses Mendirikan Sinar Mas


    Sebelumnya Eka Cuma lulusan SD, yang mempunyai masa lalu cukup kekuranga. Dirinya pernah mengalami berjualan permen bahkan biskuit. Selain itu, tanggung jawab yang harus dipikulnya juga cukup berat yakn harus membantu orang tuanya membayar utang pada rentenir. 

    Dirinya pun berjuang hingga berhasil mendirikan pabrik produksi natrium bikarbonat sampai kemudian pun menjadi perusahaan pertama yang memproduksi kertas bernama Sinar Mas. Dirinya juga tercatat menjalankan banyak ekspansi bisnis sampai namanya pun terkenal sebagai miliarder.

  3. 3 Hobi Ikan Hias Yang Membuat Nicholas Kurniawan Sukses Menjadi Pebisnis


    Nicholas telah memulai bisnisnya karena keluarga yang memiliki utang dan tak mampu membayar. Dari pengalaman pahit inilah dirinya bertekad mengubah nasibnya dengan melakukan berbagai pekerjaan. Berbagai cara pun dilakukan salah satunya bekerja menjadi agen asuransi hingga MLM. Tak tanggung tanggung, durunya pun rela tidak naik kelas di bangku SMA demi pekerjaanya itu. 

    Akhirnya dirinya berjualan ikan hias secara online melalui Kaskus. Tak disangka, bisnisnya pun tengah berhasil meskipun beberapa kali pernah ditipu pembeli. Saat ini omzetnya pun mencapai Rp100 juta yang pasarannya merambah sampai ke luar negeri.