4 Pemahaman Yang Salah Soal Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Korban!

96

Belakangan ini, netizen di Indonesia kembali ramai membahas isu mengenai kasus pelecehan seksual yang kerap terjadi. Dan topik yang sering dibahas adalah apa yang menjadi penyebab seorang perempuan dilecehkan? Apa karena pakaiannya yang terbuka, atau karena niat si pelaku?.

Pelecehan merupakan hal yang salah, semua orang setuju dengan hal tersebut. Akan tetapi untuk urusan penyebab awal masalah ini, tidak semua orang sependapat. Bahkan ada banyak orang yang memiliki beberapa pemahaman yang salah mengenai pelecehan seksual. Berikut ini adalah beberapa kesalahan tersebut.

1. Pelecehan seksual bisa terjadi jika korban memakai pakaian yang terbuka

5 Pandangan Salah Soal Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Korban! 

Ini merupakan salah satu pemahaman yang paling sering dipercaya oleh kebanyakan orang. Banyak yang beranggapan bahwa pelecehan seksual terjadi akibat kelalaian korban menggunakan pakaian yang minim dan terbuka. Namun, pemahaman seperti ini tentu saja salah.

Faktanya, tidak sedikit perempuan yang tetap menjadi korban pelecehan seksual meski menggunakan pakaian yang tertutup. Hal ni tentunya sudah menjadi penegasan jika pakaian yang terbuka tidak serta – merta menjadi penyebab terjadinya pelecehan seksual.

2. Jika korban memamkai pakaian yang minim, maka tindakan pelaku dapat dimaklumi

5 Pandangan Salah Soal Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Korban! 

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, beberapa orang bahkan memiliki pandangan jika terjadi suatu pelecehan seksual dan si korban menggunakan pakaia terbuka, hal ini masih bisa dimaklumi. Alasannya adalah karena cara berpakaian korban menggundang hasrat yang negatif dan mewajarkan tindakan si pelaku.

Tentu saja tidak banyak yang memiliki pandangan ekstrim seperti ini, namun tetap ada. Semua tindakan pelaku pelecehan seksual sama sekali tidak bisa dimaklumi dan diwajarkan. Karena satu-satunya sebab pelecehan adalah niat jahat dari pelaku sendiri. 

Hal ini yang sering menjadi perdebatan. Jika pria normal mampu menahan niatnya untuk melecehkan seorang perempuan yang menggunakan pakaian terbuka, mengapa si pelaku tidak? Dari sinilah dapat disimpulkan jika pelecehan merupakan kesalahan mutlak dari si pelaku dan bukan karena korban.

3. Seseorang yang menggunakan pakaian terbuka pasti ingin diperhatikan oleh lawan jenis

5 Pandangan Salah Soal Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Korban! 

Mungkin sebagian dari kita belum tahu jika salah satu bentuk pelecehan seksual adalah dengan memandang bagian tubuh tertentu seseorang dalam waktu yang lama hingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Namun, timbul suatu pertanyaan. Jika seseorang menggunakan pakaian yang terbuka, apakah itu artinya ia sedang mencari perhatian dari lawan jenisnya?

Tentu saja jawabannya tidak 100 persen benar. Tidak sedikit wanita yang menggunakan pakaian terbuka di area atau tempat yang semestinya. Seperti di gym dan di pantai. Penggunaan pakaian ini bukan berarti mereka sedang menarik perhatian lawan jenis. Namun, untuk menyesuaikan dengan tempat mereka beraktifitas.

Tidak sedikit juga orang yang memilih penggunaan pakaian berdasarkan kenyamanan pribadi mereka. Tentu saja ini dilakukan bukan untuk orang lain. Dan jika memang benar, seseorang ingin diperhatikan lawan jenis, bukan berarti mereka ingin ditatap terus menerus hingga merasa tidak nyaman.

4. Korban juga patut disalahkan

5 Pandangan Salah Soal Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Korban! 

Berikutnya ada pemahaman yang cukup aneh. Dimana korban pelecehan pasti memiliki andil dalam menyebabkan hal ini terjadi meskipun ia tidak menggunakan pakaian yang terbuka. 

Seperti tidak hati-hati, terlalu percaya pada orang lain, hingga menampilkan gerak tubuh yang bisa mengundang atau menggoda pelaku. 

Ini merupakkan salah satu pemahaman paling keliru yang ada di masyarakat. Pastinya seseorang yang baru mengalami hal ini merasa sedih, kesal, bahkan bisa menjadi trauma berkepanjangan. Maka dari itu, jangan lagi memberi beban kesalahan pada si korban yang harusnya dihibur.

Itulah 4 pandangan yang salah soal pelecehan seksual. Jika ada dari kamu yang masih memiliki pandangan seperti yang sudah disebutkan diatas, segera koreksi dan hilangkan pemahaman kamu. 

[zombify_post]

Previous articleInovasi Baju Unik di Dunia
Next articleRagam Guyonan Warganet tentang Kue Paling Islami hingga Kue Ahli Maksiat