4 Penjara Terkejam Di Indonesia, Nusakambangan Hanya Di Urutan 3

Penjara boleh dibilang merupakan tempat paling tidak diinginkan semua orang. Namun penjara juga jadi tempat akhir bagi para pelaku kejahatan. Di dalam jeruji besi, para penjahat itu musti menebus segala kesalahan yang sudah dilakukannya selama berada di dunia luar.

Di dunia ini, ada banyak sekali penjara yang cukup menyerapkan dan lumayan membuat nyali para penjahat ciut juga. Mulai dari penyiksaan secara fisik hingga dibiarkan lapar, dan beragam perlakuan yang cukup menyiksa lainnya.

Berbicara penjara, kita tidak perlu jauh-jauh karena di Indonesia ada banyak rumah tahanan yang begitu terkenal brutal dalam hal memperlakukan para tahanannya. Kebanyakan juga, para tahanan yang mendekam di dalam adalah penjahat kelas berat. Namun, penjara mana yang terkejam di Indonesia, simak ulasannya dibawah ini.

Museum Fatahillah, Jakarta

Nah buat kamu yang berkunjung ke Kota Tua, maka Museum Fatahillah yang biasa juga disebut sebagai Museum Sejarah Jakarta sebenarnya dulunya adalah sebuah penjara. Bahkan bisa dikata, penjara ini adalah yang terburuk sepanjang sejarah Indonesia.

Awalnya, museum Fatahillah merupakan penjara bawah tanah yang dipakai untuk menampung para pemberontak yang melawan kepada Belanda. Sel penjara perempuan, para wanita dibiarkan berdesak-desakan, tidak diberi makan dan minum, termasuk ruangannya dibiarkan bocor dan tergenang air.

Sementara untuk tahanan pria, kaki mereka diikat batu pemberat biar tidak kabur. Untuk warga keturunan Tionghoa juga pernah mengalami pembantaian sadis disini yang dilakukan rezim Belanda.

Makanya, sampai sekarang aura mistis di museum Fatahillah masih begitu kental terasa, mulai dari suara aneh, bau anyir darah sampai penampakan sosok makhluk dengan badan yang hancur. Hiii, seram kali!

Penjara Kalisosok

Kalisosok adalah penjara bawah tanah yang terletak di Surabaya. Meski sekarang sudah tak terpakai lagi karena telah dijadikan sebagai cagar budaya, namun di Kalisosok ini pernah terjadi banyak pembantaian keji.

Sudah ada sejak jaman Belanda, penjara Kalisolok jadi tempat penyiksaan para pejuang kemerdekaan, seperti Soekarno dan W.R. Soepratman. Karena ada banyak penyiksaan di luar batas yang terjadi di Kalisosok ini makanya sekarang ini disebut tanah angker di Surabaya.

Bahkan ada pengakuan dari seorang mantan napi yang cukup mengejutkan. Katanya, dinding penjara Kalisolok hanya setebal 5 cm, tapi tidak bisa di-paku, entah alasannya apa. Bukan hanya itu, suara teriakan minta tolong juga sering terdengar setiap malam padahal bangunan ini sudah tidak berpenghuni lagi, Hii..

Nusakambangan

Nusakambangan sebenarnya bukanlah nama penjara, namun sebuah pulau yang berada di Jawa Tengah. Namun Nusakambangan jadi sangat terkenal karena didalamnya ada beberapa Lembaga Pemasyarakatan ber-keamanan maksimum di Indonesia.

Nusakambangan sendiri awalnya memiliki 9 lapas namun saat ini tersisa empat yang masih beroperasi, yakni Lapas Batu yang dibangun tahun 1925, Lapas Besi dibangun tahun 1929, Lapas Kembang Kuning pada tahun 1950, terakhir Lapas Permisan yang dibangun tahun 1908. Adapun lima lapas lainnya telah ditutup.

Banyak yang menganggap Nusakambangan adalah penjara terkejam di Indonesia. Sebabnya, di sana juga ada bukit Nirbaya yang kerap dijadikan sebagai area eksekusi bagi para tahanan yang mendapat vonis hukuman mati.

Selain itu, hutan di Nusakambangan juga terkenal angker. Melarikan diri sama saja melakukan hal bodoh karena musti melewati hutan yang penuh dengan binatang buas.

Penjara Kerobokan, Bali

Meski namanya tak setenar Nusakambangan, namun LP Kerobokan juga berisi potret keburukan para narapidana di Indonesia. Sel-sel penjara yang ada di Kerobokan ini kebanyakan dihuni para penjahat kelas kakap yang datang dari luar Indonesia alias bule.

Para bule ini merupakan penjahat kelas kakap yang meski sudah berada di dalam, masih saja sering bikin onar. Bukan hanya itu, di penjara Kerobokan, konon katanya para tahanan disana masih bisa menyewa PSK tuk memuaskan nafsu mereka, termasuk begitu lihai menyelundupkan barang haram sejenis narkoba.

Perang antar geng napi juga kerap terjadi di penjara Kerobokan. Nah terkait segala aktivitas nakal yang dilakukan para napi di penjara ini, kebanyakan dari mereka selalu berusaha menyogok petugas.

Itulah cerita penjara paling angker di Indonesia. Segala macam penyiksaan, pembantaian, perang antar geng kerap terjadi disana.