4 Sebab Kemiskinan Menurut Kitab Suci Al Quran

Kemiskinan tak serta merta dapat muncul sendiri. Kondisi miskin tak selalu timbul karena sikap malas seseorang. 1 min


Kemiskinan tak serta merta dapat muncul sendiri. Kondisi miskin tak selalu timbul karena sikap malas seseorang. Terkadang kondisi miskin dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya karena adanya kezaliman, pemerintah yang buruk, terjadi bencana alam dan seterusnya.

Berikut ini adalah penjelasan Al-Quran tentang faktor atau penyebab kemiskinan yang dapat terjadi di tengah kehidupan masyarakat:

  1. 1 Bencana


    Kondisi kemiskinan dapat terjadi karena macam-macam bencana. Masalah tersebut dapat dalam bentuk bencana alam seperti gempa bumi, banjir, atau terjadi peperangan. Virus Corona yang mewabah seperti sekarang ini juga termasuk salah satu bencana. Dengan kondisi seperti itu, kemiskinan akan muncul di tengah masyarakat.

    Ketika sebuah masyarakat mendapatkan musibah bencana pasti akan mengalami masalah ekonomi sekalipun pada mulanya hidup sejahtera. 

    Tak ada yang dapat memprediksi datangnya bencana. Meskipun saat ini sebuah negara  dapat dikatakan makmur namun tak ada yang bisa menjamin akan terus jaya ke depannya.

    Kondisi seperti di atas pernah dialami oleh kaum Saba'. Kaum tersebut mula-mula hidup sangat sejahtera. Tapi kemudian Allah mendatangkan azab karena kemaksiatan kaum tersebut. Seketika, kaum Saba' menjadi kaum yang menderita sebab kemiskinan.

    Adapun kisah tentang kaum Saba' disunggung dalam salah satu surat Al Quran yaitu dalam surat Saba' ayat 16. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman menurunkan azab pada kaum Saba' yang berpaling dari ajaran yang benar.

    "Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi pohon-pohon yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." demikian firman Allah dalam kitab suci Al Quran.

  2. 2 Ulah Manusia Terhadap Alam


    Proses kemiskinan bukan hanya bisa datang dari faktor eksternal saja. Namun ulah manusia sendiri, sering tidak disadari juga dapat melahirkan kondisi yang sulit.

    Perlu diingat kembali bahwa Allah menciptakan dunia dan seisinya adalah untuk kebutuhan manusia. Namun terkadang manusia lupa menjaga ekosistem yang ada. Sehingga, hal tersebut dapat merusak alam dan itu dapat membuat manusia menderita.

    Sebagai contoh, manusia diperbolehkan untuk mencari penghasilan dari hasil laut. Mencari hasil di laut jika dilakukan dengan benar akan membawa kemaslahatan untuk manusia dan untuk ekosistem itu sendiri.

    Namun, banyak orang yang sengaja merusak ekosistem dengan serakah. Akibat dari itu semua, maka orang-orang yang mencari penghasilan di laut tak akan mudah lagi.

    “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali.” demikian firman Allah dalam Al Quran.

  3. 3 Kezaliman


    Kezaliman juga bisa menjadi sebab lahirnya kemiskinan. Contoh yang mudah kita ambil adalah praktik penjajahan yang pernah terjadi di masa lampau bangsa Indonesia. Adanya penjajahan tersebut membuat banyak orang hidup di bawah garis kemiskinan, penderitaan, hingga menjadi budak.

    Itulah kenapa penjajahan sangat dilarang di masa modern seperti sekarang ini. Pasalnya dalam sebuah penjajahan pasti terjadi kezaliman di mana pihak penjajah pasti akan memakan harta orang terjajah dengan cara yang tidak benar.

    Selain penjajahan, memperkacaya diri sendiri tanpa memperhatikan hak-hak orang miskin juga termasuk kezaliman. Dengan begitu, orang yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan menderita. Hal seperti itu sangat dikecam dalam kitab suci Al Quran. Fakta tersebut dapat dilihat dalam surat At Taubah ayat 34.

  4. 4 Sistem Kekuasaan


    Sistem kekuasaan yang korup juga bisa menjadi benih-benih lahirnya kemiskinan. Sejarah telah membuktikan bahwa pemerintahan yang rusak pasti akan membuat rakyatnya menderita.

    Kita dapat melihat bagaimana keadaan sosial ketika masa kerjaan Firaun hingga Qorun. Salah satu dari kekuasaan yang dapat melahirkan kemiskinan dapat dilihat pada surat Al Qashas ayat 1 hingga 88. 

    Dalam sebuah pemerintahan yang tidak benar, pasti akan terjadi ketimpangan ekonomi, pendidikan, dan seterusnya. Lalu kemiskinan menjadi buah akhirnya dari semua itu.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item