5 Bangunan Tua yang Ada di Semarang, Bisa Jadi Lokasi Wisata tapi Juga Menyeramkan

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Pusat kota Jawa Tengah ini memiliki sejumlah bangunan kuno. Bisa dibuat wisata, tapi juga terdapat aura mistis.

Berikut ini adalah bangunan kuno yang berada di Semarang dan dipercaya angker:

  1. 1 Lawang Sewu


    Lawang Sewu adalah bangunan tua yang sangat terkenal di Semarang. Bangunan ini sudah berusia ratusan tahun dan menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan. Banyak korban meninggal di lokasi tersebut lalu membuat tempat ini memiliki aura mistis.

    Lawang Sewu berada di tengah kota Semarang di sekitaran Simpang Lima. Meski berada di tengah kota tak mengurangi nuansa horor di sekitar bangunan tersebut. Di dalam bangunan ini terdapat beberapa ruang yang konon dulu digunakan sebagai tempat penjara dan berbagai penyiksaan oleh para penjajah.

    Disebut lawang sewu karena bangunan ini memang memiliki banyak pintu. Arsitektur bangunan ini sangat kental nuansa kunonya.

    Menurut beberapa penuturan, bangunan ini cukup angker sekalipun masih terawat dan banyak orang yang berkunjung ke sana. Tapi namanya bangunan tua, tentu saja terdapat penunggu yang tak kasat mata.

  2. 2 Marabunta


    Gedung Marabunta adalah bangunan peninggalan penjajah Belanda. Arsitektur bangunan ini juga terkesan kuno dan artistik. Namun di balik semua itu, gedung ini menyimpan cerita horor yang menyeramkan.

    Dulu bangunan ini adalah tempat pertunjukan pada era penjajahan Belanda. Namun kemudian gedung ini beralih fungsi sebagai ruang serba guna. Banyak orang yang menggunakan tempat ini sebagai lokasi resepsi karena punya ruang yang luas dan bergaya kuno.

    Namun di sisi lain, banyak orang yang menyebut gedung ini menakutkan. Diceritakan bahwa pernah ada orang yang melihat orang seperti orang Belanda yang menari-menari sendiri di dalam gedung tersebut ketika sepi.

  3. 3 Benteng Pendem


    Melihat bangunan Benteng Pendem saja sudah terlihat aura mistisnya. Namun bangunan ini juga sangat kaya akan sejarah.

    Benteng Pendem sendiri berada di Kecamatan Ambarawa, Semarang. Sebagian bagunan ini masih difungsikan sebagai lembaga kemasyarakatan. Dan sebagian lain sudah termakan zaman. Namun justru itu yang menunjukkan bentang ini masih orisinil.

    Dulu, Benteng Pendem ini menjadi saksi sejarah berbagai peperangan antara bangsa Indonesia dengan tentara penjajah. Setelah itu, tempat ini juga pernah dijadikan tempat tahanan politik G30S/PKI.

    Melihat sejarah benteng ini, tentu saja banyak nyawa yang hilang di sini. Terlepas dari itu, bentang ini menyimpan sudut keindahan tentang bangunan kuno yang sangat instagramable sekali.

  4. 4 Candi Gedong Songo


    Candi Gedong Songo adalah peninggalan nenek moyang Nusantara. Gedong Songo adalah sebuah candi yang berada di tengah pegunungan. Oleh sebab itu, berkunjung ke sini dapat memanjakan mata.

    Namun demikian, tempat ini juga dikenal angker. Menurut penuturan yang beradar, di area candi Gedong Songo ini terdapat pasar alam gaib.

    Selain itu, tidak sedikit orang yang berkunjung ke sini tiba-tiba mengalami kesurupan. Tentu saja hal itu dipercaya merupakan pengaruh dari aura mistis yang ada di sekitaran candi Gedong Songo.

  5. 5 Rumah Abraham Fletterman


    Rumah Abraham Fletterman adalah rumah kuno dengan arsitektur gaya Eropa. Tempat ini bisa dijadikan tempat foto-foto yang bagus. Di samping itu, rumah ini juga bisa jadi sangat menakutkan.

    Rumah ini merupakan rumah kosong yang tak ditinggali oleh pemiliknya. Ia berada di jalan Veteran.

    Beberapa proyek film horor pernah menggunakan rumah ini sebagai area syuting. Salah satu film yang digarap di Rumah Abraham Fletterman adalah Beranak dalam Pendam.

    Orang-orang yang sering lewat dekat rumah ini bercerita pernah melihat penampakan-penampakan yang ganjil.