5 Bentuk dan Jenis Awan Unik Yang Harus Kita Tahu

Pasti kamu pernah khan memfoto kumpulan awan saat tengah berada di dalam pesawat. Trus tulis caption ‘i love you from 3.000 feet!’ enggak salah sih…hahahha. Bentuk awan di angkasa memang dapat berubah bentuk sesuai dengan udara yang membentuk sekitarnya. Kadang ada yang berbentuk seperti hewan, bunga atau benda – benda lainnya. Namun, tahukan kamu awan tersebut memiliki nama dan keunikan tersendiri lho ! Mau tau apa saja ? Yuk, kita simak ulasannya.

  1. 1 Alto Kumulus


    Memiliki bentuk seperti gulungan bola kapas awan alto cumulus biasannya terlihat di pagi dan sore hari. Biasannya awan ini memiliki warna putih dan abu - abu. Awan ini biasannya berada pada ketinggian 2 -7 km diatas permukaan laut dan  dibawa oleh angin dengan massa udara yang stabil dan kering.

  2. 2 Cumulus


    Pasti kamu pernah khan melihat awan yang menyerupai sayur kol. Awan ini kerap disebut awan kumulus. Meski didominasi warna putih namun pada bagian bawahnya terlihat jelas berwarna abu -abu. Berada di ketinggian 1 km, awan ini banyak terlihat saat musim kemarau.

  3. 3 Strato Cumulus


    Jika anda berada di daerah pantai, awan jenis ini akan sering terlihat diatas langit. Meskipun muncul dihari yang panas terik namun awan ini ternyata membawa butiran air yang dapat menimbulkan hujan dengan intensitas air yang rendah.

  4. 4 Nimbo Stratus


    Nimbo Stratus merupakan awan yang paling mudah dikenali. Dengan bentuk yang tidak beraturan awan ini membawa kandungan air yang cukup banyak. Beberapa tempat yang dilewati oleh awan ini akan diguyur hujan sedang dengan durasi waktu yang cukup lama.

  5. 5 Cumulo Nimbus


    Memiliki ukuran yang dan volume yang besar awan ini harus diwaspadai kemunculannya. Meskipun memiliki ketebalan yang cukup besar awan ini justrus berada hanya 2 km diatas permukaan laut. Ia pun dapat dengan cepat mengulung - gulung menjadi lebih besar lagi. Saat bertemu dengan angin atau udara terkadang akan timbul kilat dan petir kemudian diikuti dengan hujan yang lebat.