5 Cara agar Tidak Termakan Berita HOAX

52

Era teknologi seperti sekarang ini tak jarang menimbulkan sisi negatif, salah satu contohnya adalah mudah termakan oleh kabar yang tidak benar atau yang disebut dengan HOAX.

Oleh sebab itu, kemajuan teknologi juga harus dibarengi dengan kemajuan kita dalam berpikir dan juga bersikap. Misalnya, berpikir kritis saat menerima berita adalah sesuatu yang penting agar tak terhasut oleh berita yang tak benar. Pasalnya, hoaks dapat berujung fitnah yang merugikan orang lain.

Banyak contoh-contoh berita yang tak sesuai dengan fakta kemudian menyebar secara luas. Biasanya berita-berita tersebut memang sengaja dibuat untuk kepentingan tertentu dan tujuan tertentu. Sayangnya, niat yang tak baik tersebut sering dipercaya oleh masyarakat luas. Bahkan mungkin ada dari kita yang pernah termakan berita hoaks tersebut dan terlibat menyebarkannya.

Yang lebih menyedihkan, berita hoaks terkadang lebih cepat persebarannya melalui berbagai media. Misalnya dibagikan melalui grup WhatsApp, Facebook, dan lain sejenisnya.

Ada beberapa hal yang membuat berita hoaks sangat cepat persebarannya, salah satunya karena orang yang tidak mau berpikir dan malas untuk mencari kebenaran yang sejati. Berikut ini akan kami ulas tentang cara bagaimana kita seharusnya berpikir dan bersikap agar tak terpapar berita hoaks.

[zombify_post]

Previous article5 Film Tema Pendidikan yang Bisa Kamu Tonton bersama Anak-anak
Next articleHii.. Ngeri! Tenggelam 73 Tahun Lalu, Desa Kuno Di Italia Ini Muncul Kembali