5 Cara Merespon Upaya Penipuan Online yang Bisa Bikin Emosi

Upaya penipuan online melalui pesan singkat sepertinya masih marak terjadi hingga sekarang ini. 1 min


Upaya penipuan online melalui pesan singkat sepertinya masih marak terjadi hingga sekarang ini. Jika kamu masih mengalami masalah serupa, dapat meresponnya dengan iseng agar pihak penipu merasa kapok.

Berikut ini adalah beberapa ide merespon penipu online agar mereka jengkel sendiri:

  1. 1 Siapa yang Tanya?


    Penipu biasanya mengaku sebagai ayah dan meminta kiriman uang kepada keluarganya agar segera kirim uang dengan jumlah tertentu. Untuk menimbulkan efek panik, penipu biasanya akan memberikan alasan sedang dalam kondisi darurat seperti terkena tilang atau sedang kecelakaan.

    Jika kamu pernah menerima pesan serupa wajib hati-hati, pasalnya hal itu dapat berpotensi sebagai upaya penipuan.

    Balasan seperti chatting di atas mungkin bisa ditiru ketika kamu sudah dapat memastikan bahwa seluruh keluarga dalam kondisi aman; atau sudah yakin bahwa pesan yang kamu terima adalah upaya penipuan.

    Ketika orang yang mengaku ayah meminta kiriman uang sebesar 500 ribu, penerima pura-pura bertanya tentang siapa yang membutuhkan uang. Otomatis, penipu akan membalas 'ayah'.

    Tapi kamu bisa melanjutkan dengan kata 'yang tanya'. Dijamin penipu pasti akan emosi membaca balasan tersebut.

  2. 2 Anak Masa Depan


    Selain mengaku sebagai ayah, penipu juga biasa mengaku sebagai anak. Ketika ayah dimintai pulsa sama anak, biasanya akan segera menuruti. Namun hati-hati, bisa jadi pesan yang kamu terima adalah upaya penipuan.

    Penipu biasanya akan menghubungi dengan nomor baru. Orang tua yang tak sadar akan modus penipuan seperti ini, akan mengira mungkin anaknya sedang kehabisan pulsa dan menggunakan nomor orang lain.

    Nah, Jika kamu sudah dapat memastikan bahwa pesan yang masuk ke ponsel kamu adalah aksi penipuan, kamu bisa membalas seperti obrolan di atas. Apalagi jika kamu bukan seorang ayah, pesan seperti di atas sudah pasti bentuk upaya penipuan.

    Balasan dengan kalimat," astaga, anakku dari masa depan, kamu ke sini pakai mesin waktuya Doraemon atau Terminator? Di tahun ini ayah belum menikah, kamu pun belu tercipta. Nanya dong nak, di masa kamu, presiden Indonesia-nya siapa?"

    Dengan balasan seperti itu, orang yang akan menipu pasti akan emosi sendiri.

  3. 3 Minta Kiriman Uang Dulu


    Penipu juga bisa mengaku sebagai saudara. Ketika penipu tersebut mencoba meminta sesuatu dari kamu, coba balas dengan permintaan kriman uang terlebih dahulu. Dapat dipastikan pihak penipu akan marah-marah sendiri.

    Mungkin penipu di atas dapat mengelabuhi target dengan hanya meminta kiriman pulsa 20 ribu. Namun usaha penipuan tersebut tampaknya tak akan berhasil. Pasalnya, target penipuan ternyata minta kiriman uang lebih dulu.

    Jika target mengirim pulsa setelah mengirim, artinya penipu tidak dapat untung. Apalagi jika target tak mengirim pulsa setelah ditransfer. Penipu bisa rugi sendiri.

  4. 4 Ancam Coret dari Kartu Keluarga


    Sungguh naas penipu satu ini. Ia bermaksud meminta kiriman pulsa pada ibunya. Hanya 10 ribu.

    Tapi salahnya, ia kirim pesan kepada ponsel milik bapak. Sebab kesalahan memanggil bapak dengan ibuk, maka penipu tersebut (yang mengaku sebagai anak) mendapat ancaman akan dicoret dari anggota keluarga.

    Balasan di atas bisa menjadi rujukan jika kamu mengalami hal serupa. Penipu pasti akan kapok melakukan aksinya pada kamu.

  5. 5 Salah Bahasa


    Salah satu kelemahan penipu online adalah tidak tahu suku target yang dituju. Sehingga penipu tersebut bicara dengan bahasa yang tidak sesuai dengan target yang dituju.

    Misalnya kasus di atas, penipu mengaku sebagai bapak dan berbicara dengan bahasa Sunda. Ternyata, target adalah orang Ambon.

    Dengan begitu, upaya penipuan tersebut dipastikan akan gagal dan penipunya pasti akan jengkel sendiri.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item