5 Cara Mudah Memulai Usaha Sampingan di Rumah di Tengah Pandemi

Di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini sangat penting untuk mencoba memulai bisnis dari rumah. Selain membantu untuk mencukupi keuangan bulanan, bisnis yang kamu bangun memiliki potensi menjadi besar– yang akan menjadi sumber utama penghasilan kamu.

Banyak orang yang ragu dan bingung untuk memulai bisnis. Padahal bisnis itu tidak harus tiba-tiba besar. Kamu bisa memulai dari usaha kecil-kecilan yang kamu kerjakan dari rumah.

Berikut ini adalah tips untuk membangun bisnis rumahan di tengah pandemi hingga sukses:

  1. 1 Pilih Bidang Bisnis yang Kamu Kuasai


    Sebenarnya banyak sekali bidang bisnis yang bisa kami tekuni. Namun pastikan bidang yang kamu jalani tersebut, benar-benar kamu kuasai. Manfaatnya, kamu tidak perlu belajar dari nol. Selain itu, kamu akan relatif lebih mudah untuk memenangkan persaingan.

    Contoh bidang bisnis rumahan yang bisa kamu jalankan di tengah pandemi seperti sekarang ini misalnya adalah: bisnis kuliner, bisnis jasa, dan lain sebagainya.

    Misalkan kamu ingin memulai bisnis di bidang kuliner, kamu harus melakukan sedikit riset. Sekecil apapun bisnis, pasti membutuhkan riset untuk melihat potensi bisnis yang akan kamu jalankan.

    Tentu saja kamu tidak mungkin sukses jikamenjual sesuatu yang tidak menjadi minat calon konsumen. Kamu harus membuat perkiraan potensi calon konsumen kamu. Selain itu, kamu juga harus melihat kompetitor yang ada.

    Untuk langkah awal, mungkin kamu bisa menjadi konsumen di bidang bisnis kuliner yang terbukti sukses. Setelah itu, kamu bisa memberikan penilaian tentang produk tersebut.

    Langkah selanjutnya, kamu bisa membuat kreasi lain. Artinya, meskipun produk yang akan kamu jual sama, produk kamu harus memiliki nilai tembah. Entah itu dari segi rasa atau dari segi harga. Dengan begitu maka dapat dipastikan produk kamu pun akan memiliki potensi sukses.

  2. 2 Perhitungkan Modal untuk Memulai Usaha


    Modal adalah hal penting dalam memulai bisnis. Meskipun bukan hal paling penting, tapi modal adalah sesuatu yang dapat menentukan bisnis sukses atau tidak.

    Untuk bisnis rumahan, modal yang harus kamu siapkan tentu saja tak perlu terlalu besar. Pasalnya, kamu tak perlu sewa tempat. Hanya saja kamu harus punya bahan-bahan mentah untuk produksi produk kamu.

    Untuk mendapatkan modal untuk memulai bisnis rumahan, kamu bisa mendapatkan dari mengurangi dari pos-pos keuangan bulanan. Kamu bisa memotong dana untuk wisata sebagai modal usaha, misalnya. Atau jika memang tidak ada pos yang dapat dikurangi, kamu bisa menjual aset yang kamu miliki untuk jadi modal. Bisa juga mengajukan pinjaman sebagai modal usaha.

    Setelah mendapatkan modal tersebut, yang tak kalah penting adalah mengatur keuangan bisnis secara benar. Jangan sampai keuangan dalam bisnis bocor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika hal itu terjadi, bisnis niscaya tak akan bertahan lama. 

    Jika memungkinkan, pisahkan uang usaha dengan uang kebutuhan rumah tangga.

  3. 3 Menjadikan Sudut Rumah sebagai Tempat Bisnis


    Menjadikan salah satu sudut di rumah kamu sebagai tempat usaha juga dapat mendorong usaha kamu lebih sukses. Memang hal ini tidak terlalu medesak, namun juga perlu dilakukan.

    Misalkan saja kamu ingin jualan kue di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, kamu bisa menyulap salah satu sudut di rumah kamu seolah-olah menjadi toko kue yang sudah sukses. Seolah-olah tempat tersebut adalah tempat kerja atau kantor kamu dalam menjalankan bisnis.

    Jangan lupa untuk membuat logo yang bisa kamu pasang di ruang yang telah kamu atur sebagai kantor bisnis rumahan kamu. Dengan suasana tersebut, tentu saja kamu akan lebih semangat dalam menjalankan usaha kamu.

  4. 4 Kabarkan Bisnis pada Teman dan Tetangga


    Salah satu tahap yang cukup berat dalam memulai bisnis rumahan adalah mengenalkan produk atau brand kepada orang banyak. Oleh sebab itu, di awal-awal menjalankan bisnis, kamu harus rajin untuk melakukan promosi. Target yang bisa kamu sasar adalah para tetangga dan teman. Semua itu bisa kamu lakukan secara daring maupun luring.

    Jangan ragu untuk memberikan tester pada para tetangga atau harga promo di awal-awal menjalankan bisnis rumahan. Pasalnya, hal itu akan membantu untuk mengenalkan bisnis kamu kepada masyarakat yang lebih luas. Selain itu, kamu juga bisa mendapat testimoni sehingga orang lain tidak ragu ketika akan membeli produk kamu.

  5. 5 Manfaatkan Marketplace Online


    Ketika kamu sudah yakin dengan kualitas produk yang kamu buat, kamu bisa memasarkan melalui marketplace secara online. Banyak sekali pilihan marketplace yang bisa kamu gunakan. Jika ada orang yang minat terhadap produk kamu, mereka tinggal pesan lewat marketplace dan dapat diakses dari seluruh dunia.

    Jika produk kamu membuat konsumen puas, sudah pasti kamu akan mendapat order bertubi-tubi.