5 Fakta Penting tentang Mimpi yang Wajib Kamu Tahu

Mimpi adalah bunga tidur. Kadang ia menyenangkan dan kadang juga menakutkan.

Menurut para ilmuwah, mimpi adalah akibat dari kondisi mental sesorang. Dan ada juga yang mengaitkan mimpi dengan hal-hal yang mistis.

Terlepas dari itu semua, mimpi memiliki beberapa fakta yang harus kamu tahu. Berikut ini penjelasannya:

  1. 1 Lupa dengan Isi Mimpi


    Hampir semua orang pasti akan kesulitan untuk mengingat kembali tentang detail mimpi. Hal semacam itu memang umum terjadi. Ketika baru bangun, mungkin mimpi yang terjadi masih mudah diingat. Namun beberapa saat kemudian, cerita dalam mimpi tersebut seolah-olah sudah hilang sama sekali.

    Umumnya, mimpi akan terjadi ketika tidur seseorang sudah nyenyak. Kondisi tersebut disebut dengan tahap Rapid Eye Movement (REM) di mana mata bergerak  sementara tubuh diam. Itu menandakan bahwa orang sudah sangat nyeyak dalam tidurnya. Saat itulah mimpi berlangsung.

    Saat bangun tidur, kamu mungkin masih akan mengingat isi dari mimpi sebanyak 50 persen. Namun 10 menit kemudian, mungkin kamu hanya akan mengingat mimpi sebesar 10 persen. Itu terjadi karena dalam kondisi terjaga akan lebih sulit mengingat mimpi. Sementara ketika masih dalam tahap REM akan cenderung lebih mudah mengingat kembali isi mimpi.

  2. 2 Tubuh Lumpuh saat Mimpi


    Perlu kamu tahu juga bahwa setiap orang yang sedang bermimpi sebenarnya sedang mengalami kelumpuhan atau tubuh yang tidak bisa bergerak. Jika orang dapat bergerak saat mengalami mimpi pasti akan sangat merepotkan.

    Fenomena orang yang tidak dapat bergerak ketika sedang bermimpi disebut dengan REM Atonia. Meskipun mimpi memiliki alur cerita yang seru, menakutkan, banyak pergerakan tubuh, namun pada kondisi sebenarnya tubuh manusia akan tetap diam. Tidak mengikuti pergerakan dalam mimpi.

    Bayangkan saja jika di dalam mimpi kamu sedang berlarian karena dikejar sesuatu, lalu tubuh kamu tidak mengalami tahap REM Atonia. Kamu pasti akan ikut bergerak mengikuti alur mimpi.

    Namun demikian, memang terjadi di beberapa kasus di mana orang yang bermimpi dapat bergerak sesuai dengan isi mimpi. Misalnya, ia berjalan sambil bermimpi. Namun kasus seperti itu tentu tidak umum terjadi.

  3. 3 Mimpi yang Dialami Orang Dewasa dan Bayi


    Orang dewasa maupun bayi juga sama-sama bermimpi. Bahkan bayi sering bermimpi buruk. Itulah kenapa bayi suka menangis secara tiba-tiba pada malam hari saat ia tertidur.

    Bayi diketahui akan bermimpi sejak terlahir di dunia. Namun ia tidak akan bermimpi tentang dirinya sendiri hingga usia tiga tahun.

    Lalu bayi yang berada di usia 3 sampai 8 tahun akan lebih sering mengalami mimpi buruk. Itulah kenapa mereka suka menangis mendadak pada malam hari.

    Adapun durasi bermimpi setiap orang baik dewasa maupun bayi adalah sekitar dua jam setiap tidur di malam hari.

  4. 4 Mimpi yang Umum Terjadi


    Mimpi yang umum terjadi adalah mimpi dikejar sesuatu, mimpi basah, mimpi tidak dapat bergerak dalam kondisi bahaya, mimpi jatuh dari tempat yang tinggi, dapat terbang, bertemu dengan orang yang sudah meninggal, mimpi kecelakaan, mimpi gagal ujian. 

    Mimpi-mimpi tersebut adalah yang paling umum terjadi. Maka ketika mengalami mimpi-mimpi seperti itu tak perlu membuat pemaknaan yang berlebihan. Semua itu sudah umum terjadi.

    Tema mimpi secara garis besar akan berkutat pada hal itu. Meskipun alur cerita tentu saja berbeda-beda sesuai dengan pengalaman setiap orang. Sebab kita akan mengalami mimpi hanya berdasarkan sesuatu yang kita tahu atau pernah kita alami sebelumnya.

  5. 5 Mimpi yang Dialami Wanita dan Laki-Laki


    Mimpi laki-laki dan perempuan sedikit berbeda. Laki-laki cenderung akan lebih sering bertemu dengan seorang laki-laki dalam mimpinya. Sementara perempuan akan bertemu dengan laki-laki dan perempuan secara seimbang.

    Lebih jauh lagi, laki-laki akan sering bermimpi tentang sesuatu yang melibatkan aktivitas fisik. Sementara perempuan akan bermimpi seputar percakapan dengan temannya dan sesuatu yang melibatkan perasaan.

    Nah, itulah beberapa fakta tentang mimpi yang harus kamu tahu.