5 Film Luar Bagus tapi Tidak Lulus Sensor di Indonesia

Beberapa film bagus dari luar harus gagal tayang di Indonesia. Itu semua disebabkana karena tidak lulus sensor di Indonesia.

Lembaga sensor film di Indonesia sendiri cukup ketat dalam melakukan seleski film yang cocok dengan kebudayaan Indonesia. Sehingga film yang terlalu vulgar, banyak menampilan adegan kekerasan, dan berpotensi menimbulkan kontroversial harus dilarang.

Berikut ini adalah film-film dari barat yang bagus namun gagal tayang di Indonesia:

  1. 1 Schindler's List (1993)


    Schindler's List adalah film yang bagus. Bukan hanya bagus namun dapat dikatakan sangat bagus. Sayangnya, film yang rilis pada tahun 1993 tersebut tidak pernah tayang di bioskop Indonesia karena tidak lulus sensor. Film tersebut dinilai sangat sensitif karena mengangkat tentang kaum Yahudi dan perang dunia.

    Film Schindler's List adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini mengisahkan tentang pengusaha asal Jerman bernama Oscar Schindler. Dalam usahanya ia banyak mempekerjakan orang-orang Yahudi dan tentu saja nyawa mereka sangat terancam di tengah perang dunia kedua.

    Liam Neeson adalah bintang utama dalam film ini. Di situs IMDb, film ini mendapatkan rating yang sangat tinggi, yakni 8.9/10.

    Film ini memang memiliki alur cerita yang sangat bagus. Dan film ini sangat cocok ditonton jika kamu ingin melihat kembali masa-masa mengerikan di tengah peperangan.

  2. 2 Evil Dead (2013)


    Film barat bagus yang tak lulus sensor juga dialami oleh Evil Dead versi terbaru. Film ini tidak lulus sensor dan tidak boleh tayang di bioskop Indonesia karena dinilai banyak adegan kekerasan. Dan lembaga sensor film di Indonesia sangat melawan dengan konten film seperti itu.

    Evil Dead yang rilis pada tahun 2013 ini adalah sebuah film daur ulang dari film dengan judul yang sama yang sudah tayang sebelumnya, yakni pada tahun 1981. Film tersebut berkisah tentang buku kematian yang dapat mengeluarkan roh jahat. Sehingga siapa saja yang membukanya harus berurusan dengan ancaman kematian.

    Film Dead Evil adalah film bergenre horor. Di sits IMDb, film besutan Fede Alvarez ini mendapat rating 6.5/10. Meskipun tidak terlalu tinggi ratingnya, namun film ini sangat layak untuk ditonton bagi kamu yang suka film horor dan adegan-adegan yang sadis.

  3. 3 Noah (2014)


    Film Noah juga tak boleh tayang di Indonesia. Sebelum rilis, film ini sangat viral dan menjadi berbincangan banyak orang. Sayangnya, film yang kemudian rilis pada tahun 2014 tersebut tak pernah tayang di bioskop Indonesia.

    Film Noah adalah sebuah film yang mengambil kisah nabi Nuh dalam al Quran. Sementara dalam kepercayaan kristiani, juga terdapat tokoh yang sama. Jika tayang di Indonesia, dikhawatirkan akan terjadi perselisihan terhadap dua kepercayaan besar di Indonesia.

    Seperti yang diketahui bahwa Noah adalah sosok yang sama-sama diagungkan dalam dua agama: Islam dan Kristiani.

    Sementara itu, film besutan Darren Aronofsky ini menghadirkan sosok Noah sebagai karakter yang cenderung fiktif. Artinya, akan banyak adegan yang tidak sesuai dengan fakta di kitab suci. Dan tentu saja itu bisa menimbulkan masalah.

    Film Noah dibintangi aktor populer yakni Russel Crow dan Emma Watson. Itulah kenapa film ini digadang-gadang menjadi film yang laris manis di Indonesia. Namun akhirnya tidak boleh tayang.

    Di situs IMDb, film Noah mendapat rating 7.7/10. Meski cukup bagus, film ini juga secara resmi dilarang tayang di sejumlah negara seperti di Malaysia dan Qatar.

  4. 4 Fifty Shades of Grey (2015)


    Fifty Shades of Grey adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel yang sangat bagus. Namun ketika diangkat sebagai film, yang menonjol justru adegan seks saja. Oleh sebab itu, film ini dilarang tayang di Indonesia karena tidak lulus sensor.

    Seharusnya, film yang dibintangi Dakota Johnson bisa menjadi film yang lebih bagus. Tapi sayangnya, di situs IMDb hanya mendapat rating 4.1/10. Itu disebabkan karena banyak kritik pada film tersebut.

  5. 5 Teeth (2007)


    Teeth adalah sebuah film dengan genre horor yang rilis pada tahun 2007. Namun film ini tidak lulus sensor di Indonesia karena dinilai terlalu vulgar. Di IMDb, film ini mendapat rating 5.4/10.