5 Hal Yang Biasa Membuat Seseorang Overthinking. Pernah Mengalaminya?

25
5 Hal Yang Biasa Membuat Seseorang Overthinking
Photo By: fit.thequint.com

5 Hal Yang Biasa Membuat Seseorang Overthinking. Pernah Mengalaminya? – Banyak dari kita yang pernah mengalami masa-masa saat overthinking menghantui kita. Pada dasarnya, manusia memiliki emosi yang sering mengendalikan apa yang ada dalam pikiran.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak memikirkan 60.000-80.000 hal yang berbeda setiap harinya. Hal ini berarti rata-rata berjumlah 2.500-3.300 pikiran perjamnya. Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang biasa membuat seseorang overthinking, yaitu diantaranya:

Kesalahan yang Sebelumnya Telah Dibuat

Overthinking sering terjadi ketika seseorang membuat kesalahan fatal. Pikiran seperti ini sering muncul secara tiba-tiba serta sulit dikendalikan. Overthinking tentang kesalahan berujung pada pikiran negatif dan merasa semakin bersalah. Selain itu, kita juga cenderung takut apa yang dilakukan bisa berdampak buruk bagi masa depan. Namun, seringkali hal-hal yang kita takuti belum tentu terjadi.

Pendapat Orang Lain Terhadap Diri Kita

Overthinking semacam ini biasanya terjadi ketika berada di tengah keramaian dan tidak ada teman yang mengajak obrol. Atau ketika sedang mengobrol dengan teman dan tiba-tiba muncul sebuah pikiran mengenai pendapat orang lain terhadap diri kita.

Baca Juga : Jangan Biarkan Overthinking Jadi Kebiasaan, Beginilah Cara Mengatasinya

Contohnya seperti, ‘apakah yang aku katakan ini dipandang buruk oleh dia?’. Rasa kegelisahan dari banyak pikiran ini akan menciptakan kecanggungan yang tidak semestinya terjadi. AKibatnya berdampak buruk bagi hubunganmu. Asumsi yang tidak perlu ini hanya akan membuatmu tidak tenang.

Mengenai Masa Lalu

Masa lalu sering mengganggu dan malah membuat seseorang menjadi overthinking. Misalnya terkait merenungkan keputusan yang telah diambil, apakah itu benar atau buruk. Atau ketika menyesali telah melakukan sesuatu. Hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu sebaiknya dibiarkan berlalu jangan terlalu dipikirkan kembali. Sebab, melihat ke belakang dan banyak pikiran tidak akan mengubah apa pun.

Terhadap Sikap Orang Lain

Overthinking terhadap sikap orang lain yang kurang menyenangkan juga tidak ada gunanya. Pada dasarnya kita tidak bisa mengubah atau mengendalikan pikiran orang lain untuk mengikuti keinginan kita. Banyak pikiran tentang hal ini hanya membuat kita stress dan buang waktu.

Mengenai Masa Depan

Overthinking tidak hanya mengenai masa lalu, tetapi masa depan juga membuat seseorang overthinking. Hal ini terjadi karena kita tidak pernah tahu di masa depan. Kita sering kali banyak pikiran terkait masa depan terutama masalah pekerjaan, jodoh, dan penghasilan.

Overthinking tentang ini bisa membuat kita capek, tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari dan mengganggu kesehatan mental.

Previous articlePilihan Pekerjaan Freelance yang bisa Dikerjakan Online Dengan Upah Menjanjikan
Next article5 Aktor Ganteng Putuskan Nikah Muda, Idaman Banget