5 Kegiatan Yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Social Distancing

Dikarenakan situasi ibukota yang memburuk, pemerintah menerapkan Social Distacing dan Work From Home 1 min


0

Usai bertambahnya penyebaran virus Covid – 19 di wilayah ibukota, pemerintah akhirnya menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Social Distancing atau Work From Home. Hal ini diupayakan agar dapat mengurangi penyebaran virus secara lebih besar lagi.

Klook.com

Nah, biar metode ini sukses sebaiknya warga +62 tidak melakukan beberapa hal ini. Apa aja sih, yuk kita simak ulasannya.

  1. 1 Nongkrong di Tempat Umum


    Masyarakat Indonesia memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dari lapisan bawah sampai atas banyak menghabiskan waktu secara berkelompok hanya untuk berkumpul dan bercerita. Tak heran jika banyak kedai kopi atau restoran yang menyediakan tempat untuk sekedar 'nongkrong'. Namun, saat dihimbau untuk melakukan social distancing sebaikknya masyarakat mengurangi kegiatan ini dalam beberapa pekan kedepan. Hal ini dimaksud agar dapat mengurangi resiko tertular lebih besar.

  2. 2 Traveling atau Mudik


    Menetapkan waktu 14 hari untuk berdiam diri dirumah bukan berarti adalah saatnya untuk berpergian bahkan mudik. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah sebaiknnya tidak disalah gunakan namun di dukung agar penyebaran virus covid - 19 ini tidak mewabah. Mungkin sebagian orang merasa sehat dan merasa tidak akan tertular, namun adannya kebijakan ini agar masyarakat ikut serta mejaga diri agar tidak tertular meski berada pada kondisi yang sehat.

  3. 3 Olahraga di Gym


    Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun saat virus Covid - 19 dinyatakan sebagai virus yang ditularkan melalui cairan sebaikknya masyarakat menjauhi olah raga di gym terlebih dahulu. Gym merupakan salah satu tempat dimana kemungkinan virus ini dapat menyebar dengan baik, satu alat yang berada di tempat tersebut dapat disentuh oleh ratusan oranh dalam kurun waktu yang bersamaan, Jika terdapat virus di dalamnya, coba bayangkan berapa orang yang menjadi carrier.

  4. 4 Mengunakan Sarana Umum


    Meski sulit dihindarai ada baikknya untuk mengurangi pengunaan sarana umum.  Dibanding mengunakan lift yang merupakan ruang tertutup pilihkah mengunakan tangga berjalan jika memungkinkan. Kurangi transaksi di mesin atm atau uang cash, jika bisa gunakan e - money untuk bertransaksi. Selain itu gunakanlah alat ibadah pribadi, peralatan mandi serta peralatan makan sendiri agar dapat mencegah penularannya.

  5. 5 Kurangi Membaca dan Menyebar Pesan Berantai


    Hampir semua masyarakat Indonesia yang cukup umur mengunakan aplikasi chating online. Saat ada hal yang banyak dibicarakan masyarakat, tidak sedikit oknum - oknum tidak bertanggung jawab menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya. Hal inilah yang terkadang menjadi sumber kepanikan masyarakat, agar situasi selama social distancing tetap kondusif sebaiknya tidak membuat pesan yang belum jelas kebenarannya dan juga tidak menyebarkan pesan yang tidak jelas infoemasinnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality