5 Kisah Orang dengan Kepribadian Ganda, Salah Satunya Difilmkan

Kepribadian ganda atau dalam bahasa medisnya Dissociative Identity Disorder biasanya sering dianggap sebuah fenomena gaib. Padahal, sebenarnya kondisi ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Pasien yang mengidap Dissociative Identity Disorder (DID) umumnya punya pengalaman yang kelam pada masa lalunya. Pengalaman kelam itu bisa dari pelecehan seksual dan kekerasan fisik hingga siksaan secara verbal. Adegan traumatic pada masa lalu inilah yang sangat membekas hingga pengidap kepribadian ganda membelah kepribadiannya menjadi beberapa bagian. Umumnya orang yang memiliki kepribadian ganda akan dikuasai oleh alter ego-nya ketika berada dalam tekanan. Saat tubuh telah diambil alih kepribadian asli akan tertidur tanpa mengingat kejadian seperti apa yang sedang berlangsung.

Berikut ini beberapa kisah tentang seseorang yang memiliki kepribadian ganda yang kasusnya cukup mencolok:

Anastasia Wella, Sastrawan hingga pintar membaca al-qur’an

Anastasia Wella memiliki 9 kepribadian dengan nama dan karakter yang saling berbeda-beda. Yaitu, Naura si tempramen, Paula si ahli berhitung, Saraswati sang model dan penari, karakter anak kecil pada Atin, dan Adresi pria yang melakukan kekerasan. Tidak hanya itu, ada pula karakter millenial pada sosok Ravelin sang sastrawan, hingga Bilqis yang pintar membaca al-qur’an. Semua karakter tersebut bersemayam dalam tubuh Wella. Wella menyebut kepribadiannya yang lain akan muncul saat dirinya sedang menghadapi masalah, merasa terancam, atau berada dalam pilihan yang sulit. Gejala munculnya kepribadian adalah panic, migraine dan rasa cemas.

Wella mengaku sejak kecil dia mengalami penyiksaan dari orang tuanya sehingga dia mengalami trauma. Dia juga merasa tertekan karena sering di bully di sekolahnya. Kejadian itu terjadi berulang kali ketika dia baru menginjak 9 tahun.  Saat ini Wella berusaha untuk mengontrol alter egonya.

Melanie Goodwin, Satu suara menentang pelecehan

Melanie Goodwin merupakan wanita asal inggris yang hingga usia 40 tahun tak memiliki ingatan tentang dirinya sebelum umur 16 tahun. Penyebab kepribadian gandanya muncul adalah karena sebuah tragedy dalam keluarganya. Sejak saat itu tiba-tiba dia memiliki banyak identitas dalam dirinya. Kepribadian ganda yang dimiliki Melanie berbeda-beda berdasarkan rentang umur, mulai dari 3 tahun, 16 tahun, hingga dewasa. Tercatat ada 9 kepribadian yang berbeda, semuanya memiliki keinginan untuk mendapat kehidupan yang bebas dari pelecehan seksual.

Billy Milligan, saat alter ego jadi pelaku criminal

Kisah Billy Milligan ini pernah di filmkan dengan judul Split garapan M. Night Shyamalan. Billy sempat menghebohkan Amerika Serikat (AS) pad medio 1970-an atas sejumlah aksi kriminalitasnya. Atas ulahnya itu, dia didakwa hukuman kurungan  penjara, namun hukuman tak jadi di jatuhkan pada Billy. Alasannya karena Billy mengaku aksi pencurian, penyerangan, hingga pemerkosaan itu dilakukan oleh sosok wanita lesbian yang bersemayam pada dirinya. Setelah dilakukan serangkaian tes, ternyata Billy diketahui memiliki 24 alter ego.

Truddi Chase, Menjadi Gerombolan yang saling dukung

Kisah Truddi Chase ini cukup unik jika dibandingkan dengan penderita kepribadian gandi lainnya. Beberapa kepribadian dalam dirinya tidak saling berbenturan, justru mereka saling menyadari kehadrian satu sama lain. Menurut Truddi, alter-egonya adalah gerombolan pasukan dan tak menginginkan mereka melebur dalam satu kepribadian. Merekapun menghargai satu sama lain. Ada 92 kepribadian Truddi. Pemicu kepribadian gandanya ini akibat pernah menerima pelecehan seksual dan fisik dari ayah tirinya. Selain itu dia juga menerima pelecehan emosional dari ibunya

BT, Buta akibat kepribadian ganda

Peneliti menemukan temuan unik pada seorang pengidap kepriabadian ganda berinisial BT. Penemuan mengejutkan ini terjadi ketika  BT tersebut di diagnosis cortical blindness karena kecelakaan pada usia 20 tahun. Namun, setelah ditelusuri tak ditemukan kerusakan fisik pada kedua matanya. Dokter yang menangani kasus BT ini tberhipotesa bahwa gangguan penglihatan ini dipicu oleh kerusakan pada orak. Setelah 13 tahun kecelakan tersebut, BT diperiksa oleh psikoterapis dan ditemukan fakta bahwa dia memiliki kepribadian ganda yaitu 10 alter ego.