5 Kondisi Ini Ternyata Jadi Alasan Kenapa Kamu Sering Menguap

291

5 Kondisi Ini Ternyata Jadi Alasan Kenapa Kamu Sering Menguap Tak Tertahankan – 

Menguap merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk ‘mendinginkan otak’ yang berlangsung otomatis. Menurut Alodokter, saat menguap, secara alami rahang akan meregang dan aliran darah ke leher, wajah dan kepala meningkat. Lalu menarik napas dalam-dalam sehingga membuat cairan pada tulang belakang dan juga darah akan mengalir dari otak lalu ketubuh bagian bawah. Jadi kesimpulannya, menguap akan membantu mengeluarkan hawa panas yang ada pada otak dan menggantinya dengan hawa dingin.

Biasanya kita akan menguap saat berada dalam kondisi mengantuk, bosan, atau sedang berada di hawa dingin. Namun gimana jadinya kalau kita menguap terus-terusan, padahal sedang nggak ngantuk? Nah, Berikut ini beberapa hal yang jadi penyebab mengantuk berlebihan.

Mengantuk bisa juga menjadi salah satu sinyal dari alam bawah sadar bahwa tubuhmu kurang gerak

Saat  tubuhmu bergerak, denyut jantung akan lebih meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi yang telah dibawanya akan terdistribusi dengan baik. Mekanisme ini tak akan terjadi jika tubuh tak bergerak. Kekurangan oksigen ini tak hanya berdampak pada otot, tapi juga menyebabkan kerja otak menjadi tidak maksimal sehingga membuatmu mudah pusing dan susah menjaga konsentrasi. Sehingga menguap pun nggak akan terelakkan lagi.

Porsi makan yang terlalu banyak juga bisa membuat asupan oksigen ke otak jadi berkurang, makanya sering menguap terus-terusan

Dilansir dari Kompas, Prof. DR. Dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K), MS, yang merupakan spesialis saraf dari RS Dr. Soetomo Surabaya  telah mengungkapkan jika makanan yang masuk ke tubuh terlalu banyak, lambung akan sangat penuh, sehingga konsentrasi utama tubuh hanya mengurai makanan. Nah, jika oksigen terlalu banyak digunakan untuk mengurai makanan, maka besar kemungkinan organ lain, termasuk otak yang bakal kekurangan oksigen. Sinyal yang muncul adalah menguap terus-menerus. Maka dari itu makanlah secukupnya saja.

Mengalami gangguan tidur baik itu sleep apnea ataupun narkolepsi yang membuatmu banyak menguap saat sedang terjaga

Alasan yang pertama kenapa seseorang sering menguap ialah adanya gangguan tidur sehingga waktu tidur menjadi berkurang. Pada sleep apnea ini, gangguan tidur terjadi karena pernapasan yang sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh terutama otak kamu tidak mendapatkan oksigen yang cukup, kualitas tidur juga menjadi semakin buruk sehingga penderita merasa lelah keesokan harinya. Sedangkan untuk narkolepsi, gejala awalnya ditandai dengan rasa kantuk yang tak tertahankan di siang hari, kemudian berlanjut dengan tidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.

Efek samping dari obat yang digunakan untuk mengobati depresi atau kecemasan

Terdapat sejumlah jenis obat mempunyai potensi seseorang mengantuk sehingga menguap selama beberapa jam khususnya sesudah meminum obat tersebut. Umumnya sejumlah obat yang didalamnya mengandung kandungan SSRIs atau (Selective Serotonin Reuptake_Inhibitors), antidepresan, antihistamin, serta berbagai jenis obat nyeri lain yang didalamnya mengandung zat diatas.

Orang yang mempunyai tekanan darah rendah juga berpotensi menguap berlebihan ya

Seseorang yang memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg cenderung sering menguap dan diikuti dengan rasa mengantuk. Selain itu juga lebih sering pusing, cepat lelah dan penglihatan kabur. Tekanan darah rendah ini membuat kurangnya darah yang dipompa dari jantung. Sehingga akibatnya, jantung atau otak akan kekurangan pasokan oksigen dalam darah yang otomatis akan membuatmu sering menguap, pusing dan juga lelah.

Previous article6 Tokoh Inspiratif Indonesia Yang Bisa Dukung Kamu Untuk Kerjar Mimpimu
Next articleDilarang Bermimpi, Tukang Cilok Ini Malah Lulus Taruna Akmil