5 Langkah Paling Tepat Kamu Lakukan Saat Ponsel Kecopetan

Sudah ada banyak kasus ponsel dicuri orang atau dicopet di jalan. Terkadang dalam situasi ponsel dicopet di jalan atau di angkutan umum, kepanikan justru begitu menguasai si pemilik ponsel.

Wajar saja sih, tapi sebaiknya jangan terlalu lama bengong, kamu harus segera membuat sebuah tindakan untuk mengamankan ponsel kamu itu, minimal data-data penting didalamnya tidak bisa dilihat atau diutak-atik sama oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dan berikut ini beberapa hal yang perlu kamu segera lakukan ketika ponsel kamu kecopetan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Kunci HP Anda

Jambret atau copet bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan ponsel sudah kamu amankan. Misalnya aktifkan password, pemindai sidik jari, atau pemindai wajah.

Kemudian, pastikan juga kamu sudah punya back up data-data penting, bisa dengan cara manual atau melalui layanan cloud yang dewasa ini sudah ada banyak pilihannya.

Kalau kamu adalah seorang pengguna Android, Google Foto bisa dipakai untuk menyimpan semua foto dengan kualitas baik secara gratis.

Kabar baiknya seandainya benar terjadi pencopetan atau dicuri, baik ponsel Android ataupun iPhone semuanya sudah punya solusi untuk setidaknya menyimpan data pribadi kamu dengan cepat. Cukup ikuti petunjuknya dan pastikan kamu bisa mengakses internet dengan menggunakan perangkat lain.

Manfaatkan Fitur Find My Phone

Jika kamu kehilangan ponsel atau kecopeten, misalnya ponsel Android, atau jam tangan Wear OS, kamu masih bisa menemukannya, menguncinya atau menghapus datanya. Itu karena jika kamu sudah menambahkan akun Google ke perangkat aplikasi Temukan Perangkat Saya atau Find My Phone diaktifkan secara otomatis.

Buka android.com/find, lalu login ke Akun Google. Di peta, Anda akan mendapatkan info tentang lokasi ponsel walau lokasi yang ditunjukkan adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat. Dan jika ponsel tidak dapat ditemukan, Anda akan melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pada tautan pertama tersebut,  pertama menderingkan ponsel dengan volume maksimum selama 5 menit, meski perangkat berada dalam mode senyap. Mengunci ponsel dengan PIN, pola, atau sandi yang bisa dilakukan secara remote. Jika tidak memiliki kunci, Anda dapat menyetelnya secara jarak jauh.

Untuk mengamankan agar data sensitif tidak jatuh ke pencopet, hapus semua data di ponsel kamu secara permanen (tetapi mungkin tidak menghapus di kartu SD). Tapi dengan catatan, setelah Anda menghapusnya, aplikasi Temukan Perangkat Saya tidak akan berfungsi pada ponsel atau HP yang kecopetan tadi.

Lacak di peta

Jika iPhone hilang, segera masuk ke iCloud.com/find di web atau gunakan app Cari Milik Saya / Find My Phone di perangkat Apple lainnya. Pilih perangkat untuk melihat lokasinya di peta.

Atau bisa juga langsung tandai sebagai hilang. Langkah ini akan mengunci perangkat dari jarak jauh dengan kode sandi dan Anda dapat menampilkan pesan khusus yang berisi nomor telepon Anda di Layar kunci pada perangkat yang hilang. Langkah ini juga akan terus memantau atau melacak lokasi perangkat kamu.

Jika kamu menambahkan kredit kartu, debit, atau prabayar ke Apple Pay, kemampuan melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay di perangkat akan ditangguhkan apabila kamu sudah mengaktifkan Mode Hilang di perangkat.

Tutup segera mobile banking dan e-commerce

Segera lapor pihak bank dan CS e-commerce dan beri tahu kalau Anda kecopetan ponsel. Minta mereka untuk secepatnya memblokir mobile banking dan e-commerce untuk sementara waktu.

Lapor ke operator seluler

Setelah langkah pengamanan di atas dilakukan, segera hubungi pihak operator seluler untuk menonaktifkan nomor ponsel kamu untuk sementara, kemudian aktifkan lagi dengan mendatangi gerai operator di ponsel yang baru. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah pencuri menyalahgunakannya.