5 Lokasi Paling Mudah Menularkan Virus Covid 19

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir penambahan orang terinfeksi virus tersebut selalu tinggi.

Untuk menghindari dan melindungi dari Covid-19, kita perlu menghindari tempat-tempat yang paling berisiko menularkan virus Corona.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang paling berisiko menularkan virus yang sudah mematikan lebih dari 1 juta jiwa tersebut:

1. Toilet Umum

Toilet menjadi salah satu tempat yang paling mudah untuk penyebaran virus Covid-19. Banyak orang yang menggunakan fasilitas ini secara bergantian. Sementara itu, protokol kesehatan tidak benar-benar diterapkan di lokasi semacam toilet umum ini. Jadi kamu harus waspada lebih ketika menggunakan fasilitas umum seperti toilet umum.

Seperti yang diketahui bahwa penyebaran virus Covid-19 dapat terjadi dengan sangat mudah. Jika kamu memegang gagang pintu toilet umum, misalnya, sementara di sana terdapat virus tersebut, maka kamu pun dapat tertular. Oleh sebab itu, kamu wajib menjaga kebersihan diri setelah menggunakan toilet umum.

Setelah keluar dari toilet umum, kamu wajib mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Jangan sampai memegang bagian wajah sebelum benar-benar tangan kamu bersih.

2. Pasar

Kemudian tempat kedua yang sangat berisiko menularkan virus Corona adalah pasar. Baik itu pasar tradisional maupun masar modern seperti supermarket atau mall. Di tempat seperti ini sudah pasti terjadi keramaian. Banyak interaksi terjadi. Dan tak jarang orang yang berkunjung secara tidak sadar banyak memegang benda-benda yang tidak steril.

Jika kamu harus pergi ke pasar atau mall, kamu harus memperhatikan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 secara benar. Jangan lupa menggunakan masker. Selain itu kamu harus selalu berusaha menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan padagang yang ada di dalam pasar.

Jangan berlama-lama untuk berada di dalam pasar. Ketika urusan kamu selesai, sebaiknya segera meninggalkan pasar dan menghindari keramaian. Setelah sampai rumah, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sampai bersih.

3. Rumah Sakit

Memang benar bahwa rumah sakit adalah tempat mengobati penyakit. Namun di sisi lain, rumah sakit juga bisa menjadi tempat paling berisiko penyebaran virus Corona. Pasalnya, setiap hari tempat ini selalu dikunjungi orang dari berbagai daerah. Apalagi jika rumah sakit tersebut juga menjadi rujukan pasien Covid-19, maka berada di rumah sakit tersebut sangat besar potensinya untuk tertular.

Selama masa pandemi seperti sekarang ini, jika memungkinkan kamu tidak perlu berkunjung ke rumah sakit–kecuali ada keperluan yang sangat mendesak.

Jika kamu ingin berkonsultasi dengan dokter, lebih baik kamu melakukannya secara online jika memungkinkan. Namun jika harus berkunjung ke rumah sakit, maka kamu wajib hati-hati. Yang paling penting jangan lupa menggunakan masker dan jangan pernah membuka di tempat umum seperti di rumah sakit.

4. Terminal Transportasi Umum

Di terminal transportasi umum seperti di terminal bus, bandara, stasiun kereta dan pelabuhan, adalah tempat datang dan pergi orang-orang dari berbagai daerah. Dengan demikian, potensi penularan Covid 19 di tempat seperti ini sangat besar.

Di sebagian terminal memang mengharuskan para penumpang untuk melakukan tes bebas dari Covid 19. Namun banyak juga terminal transportasi umum tidak melakukan itu.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, lebih baik kamu menahan untuk pergi jauh. Jika punya rencana traveling, lebih baik menunda hingga kondisi aman. Perlu diingat bahwa kesehatan lebih penting dari apapun.

Kalaupun kamu memaksa diri melakukan perjalanan di tengah pandemi, pasti tidak akan asyik ketika kondisi sudah normal.

5. Restoran atau Cafe

Restoran atau Cafe biasanya berada di dalam ruangan. Jika sirkulasi tidak bagus, maka di tempat tersebut bisa menjadi tempat penularan virus Corona paling masif.

Seperti yang diketahui bahwa virus Covid 19 ternyata dapat menular melalui udara. Nah, jika sirkulasi udara di ruang yang terbatas tidak bagus, maka virus itu dapat hinggap dalam tubuh kamu.

Itulah beberapa tempat paling berisiko menularkan virus Corona. Selain tempat-tempat tersebut di atas masih ada sejumlah tempat yang perlu dihindari selama masa pendemi seperti tempat fitnes, bar, bahkan kantor tempat kerja.