5 Pelajaran Penting tentang Perjuangan dari Jack Ma Orang Terkaya di China

291

Jack Ma adalah pengusaha yang dapat dikatakan sebagai orang terkaya di China. Perjuangannya menuju kesuksesan sangat panjang yang dibumbui dengan berbagai kegagalan dan penolakan. Meski demikian, pria yang sekarang berusia 55 tahun tersebut tak pernah menyerah.

Jack Ma yang juga sering disebut dengan Ma Yun  lahir dari keluarga sederhana. Namun ia sangat gigih berjuang hingga akhirnya bisa menjadi pengusaha kaya raya. Pada tahun 2020 ini, kekayaannya tercatat mencapai 44 miliar US Dolar. Angka yang tidak sedikit.

Kesuksesan yang ia rasakan saat ini tak datang begitu saja. Ia harus melalui jalan yang berliku.

Jack Ma bukan orang yang mahir dalam segala pelajaran saat di sekolah. Namun ia memiliki keinginan kuat untuk menguasai bahasa Inggris ketika masih usia remaja. Sayangnya, ia tak bisa mengembangkan cita-citanya tersebut di sekolah formal. Sehingga ia harus belajar secara mandiri.

Pada usia dewasa, Jack Ma juga ingin mengeyam pendidikan di kampus ternama seperti para remaja umumnya. Namun ia gagal. Tapi semua itu tak membuatnya berhenti berjuang.

Dan ketika harus mencari penghasilan sendiri, Jack Ma sempat melamar di berbagai lowongan pekerjaan. Sempat mendapat sejumlah penolakan.

Hingga akhirnya ia sukses mewujudkan ide bisnisnya. Meskipun banyak mendapat cibiran, ia tetap tekun menjalaninya.  Jack Ma sekarang menjadi orang besar dengan bisnis yang dididirikan, yaitu: Alibaba.com.

Dan beerikut ini adalah kisah perjuangan Jack Ma yang bisa kita ambil hikmahnya. Meskipun pernah mengalami berbagai kegagalan dan penolakan, namun ia mampu membuktikan kepada dunia bahwa dia bisa menjadi orang yang sukses.

[zombify_post]

Previous article4 Film terkenal yang Memunculkan Kontroversi
Next articlePercaya atau Tidak.. Inilah Potret Manusia Buaya Satu-Satunya Di Dunia