5 Penemuan Paling Berpengaruh Nikola Tesla, Sang Mad Scientist

677

Siapa yang tidak mengenal nama Nikola Tesla? Pasti orang tau paling tidak pernah mendengar nama yang satu ini. Nikola Tesla adalah seorang peneliti yang sangat berjasa bagi kehidupan modern yang kita nikmati saat ini.

Berbagai penemuan memegang peranan penting untuk membantu manusia agar dapat mendukung era teknologi. Karena berkat penemuannya, energi listrik dapat menjadi sumber energi yang menopang kehidupan di zaman serba digital ini.

Meskipun memiliki peran yang sangat penting, nama Nikola Tesla seperti ditimbun jika dibandngkan dengan nama peneliti lain seperti Alexander Graham Bell dan saingannya Tesla, Thomas A. Edison. Nama kedua ini sudah kita kenal sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada jamannya, Nikola Tesla mewakili seorang peneliti yang lebih muda dibandingkan dengan Edison. Akan tetapi ia dinobatkan sebagai ilmuwan paling jenius di abad 19.

Nikola Tesla juga dikenal dengan nama julukannya yaitu "Mad Scientist" atau sang ilmuwan gila. Hal ini didapat dari pemikiran-pembahasan yang cukup aneh namun brilian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

Nikola Tesla merupakan orang yang menemukan dan mengembangkan ide arus bolak-balik pada listrik atau yang kita kenal dengan AC (Alternating Current) yang berlawanan dengan arus milik Edison yaitu DC (Dirrect Current).

Berikut ini adalah lima penemuan Nikola Tesla yang sangat menentang perkembangan dunia modern saat ini. 

1. Radio

Nikola Tesla Adalah penemu pertama dari alat yang kita kenal sebagai radio. Hal ini dinyatakan oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1943. 

Akan tetapi, terjadi kontroversi di kantor paten Amerika Serikat menyatakan penemuan radio dilakukan oleh Guglielmo Marconi di tahun 1904. Sementara orang yang menemukan gelombang sinyal radio pada tahun 1895 adalah Nikola Tesla.

2. Kontrol Jarak Jauh

Diterbitkan adalah penemuan Nikola Tesla yang diterbitkan oleh orang awam. Ya, Nikola Tesla adalah orang yang menemukan teknologi Remote Control. 

Pada tahun 1898, Nikola Tesla berhasil membuat semua orang kagum dengan hasil penemuannya yang dapat menggerakkan kapal dalam akuarium besar. Padahal, saat itu Tesla hanya menggunakan Remote Control yang dibuat dari kayu.

Hasil penemuan Tesla ini, kemudian dipakai sampai sekarang sebagai landasan ilmu robotik. Dan seperti yang kita ketahui, berkat penemuan ini kita bisa mengenal barang-barang canggih seperti drone. 

3. Motor Listrik

Kali ini adalah sebuah penemuan yang diciptakan Tesla yang berasal dari keresahannya melihat manusia sangat bergantung pada sumber daya minyak bumi. Ia akhirnya melakukan penelitian untuk menciptakan sebuah alat yang sekarang kita kenal sebagai motor listrik.

Ia mencoba untuk memusatkan kekuatan putaran pada medan magnet untuk meciptakan alat yang bisa memberi daya selain dari penggerak bersumber daya minyak bumi dan batu bara.

Meskipun ia keluar dari krisis ekonomi, hasil temuan Tesla ini kemudian menjadi landasan penemuan motor listrik yang kita kenal sekarang.

4. Transfer energi Nirkabel Jarak Jauh

Beberapa ide yang membuat Nikola Tesla dikenal sebagai Mad Scientist atau peneliti gila adalah idenya untuk mendapatkan energi matahari, komunikasi jarak jauh menggunakan gelombang listrik dan hal-hal lainnya.

Inilah yang mendorong Tesla untuk membangun menara di Shoreham, Long Island untuk mewujudkan transfer energi nirkabel jarak jauh. 

Meskipun dianggap gila dan aneh pada masa itu, seluruh dunia berhutang besar karena sekarang bisa menikmati hasil yang diharapkan Tesla tersebut.

5. Pesawat tak bersayap

Selain transefer energi jarak jauh, salah satu rancangan gila Tesla lainnya pada masa itu adalah ide untuk membuat pesawat tak bersayap. Tesla berimajinasi jika menggunakan energi nirkabel ini dapat digunakan untuk sistem transportasi.

Menurut Tesla, ide pesawat tanpa sayap ini dapat membawa penumpang dari New York ke London tanpa membangunkan dan sampai dalam waktu kurang dari 3 jam. Ide Tesla inilah yang menjadi teknologi yang kita kenal sebagai rudal.

Meskipun memiliki berbagai pemikiran yang sangat brilian pada masanya, nama Nikola Tesla kalah tenar dibandingkan nama intelektual lainnya. Akan tetapi, berkat jasanya, banyak teknologi yang diadopsi oleh penemu lainnya untuk keperluan teknologi saat ini.

[zombify_post]

Previous article5 Jenis Penyimpanan Menggunakan Tembok Dapur Membuat Tampak Unik dan Rapi
Next article5 Tips Jitu Mahir Bahasa Asing dengan Cepat dan Mudah!