5 Penyebab Kebiasaan Mudah Lapar Padahal Sudah Makan Banyak

110

Pernahkah kamu merasa lapar padahal baru saja makan sepiring nasi beserta camilan lain yang jumlahnya tak terhitung?. Lapar sendiri merupakan reaksi atau tanda alami bahwa tubuh kita membutuhkan asupan makanan sebagai energi. 

Dan setelah terisi cukup banyak, tentunya kita akan merasa kenyang. Rasa lapar dan kenyang ini tidak lepas dari peran hormon yang ada di dalam tubuh. Adapun orang yang mudah merasa lapar mengisyaratkan bahwa kinerja hormon tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya yang diakibatkan oleh beberapa faktor

Faktor-faktor ini pun umumnya bukan berasal dari luar melainkan dari kebiasaan orang itu sendiri. Apa saja kebiasaan tersebut yang tanpa sadar membuatmu mudah lapar? Yuk simak!

1. Begadang

Banyaknya anjuran untuk memiliki tidur yang berkualitas memang tidak salah. Selain menjaga tubuh dari terserang penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, tidur yang cukup menjadi salah satu faktor utama dalam mengendalikan hormon yang mendorong rasa lapar. Jadi bagi kamu yang sering begadang hingga larut malam, segeralah berusaha untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Ingatlah bahwa tubuhmu juga perlu istirahat yang akan berdampak baik untuk dirimu sendiri.


2. Kurang Minum Air

Air adalah komponen terpenting yang dibutuhkan manusia untuk melancarkan fungsi organ dalam tubuh mulai dari otak, jantung, sistem pencernaan, kesehatan kulit, dan lain-lain. Saat kita kurang mengonsumsi air, maka hal ini akan menyebabkan dehidrasi. Lalu apa hubungannya dengan rasa lapar? Dehidrasi adalah kondisi di mana kita sangat membutuhkan asupan air dalam tubuh yang lebih kita kenal dengan istilah haus. Namun seringkali perasaan haus ini justru kita anggap menjadi rasa lapar. Oleh karena itu adanya pepatah yang mengatakan bahwa manusia bisa bertahan tanpa makanan namun tidak tanpa minum itu memang benar adanya.


3. Terlalu Banyak Olahraga

Olahraga yang rutin memang baik bagi kesehatan. Selain bisa membantu mempertahankan kebugaran tubuh, olahraga juga bisa mencegahmu dari kelebihan berat badan. Banyaknya manfaat dari berbagai jenis olahraga pun membuat beberapa orang melakukannya secara berlebihan. Kita tahu bahwa sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak baik. Begitu juga dengan aktivitas ini. Selain bisa memberikan dampak buruk pada kondisi jantung dan tulang, olahraga berlebih juga akan mempercepat kerja metabolisme yang akhirnya akan ikut memengaruhi tingkat nafsu makan menjadi lebih tinggi.


4. Asupan Makanan Tidak Seimbang

Kamu mungkin bukanlah orang yang memperhatikan asupan makanan sehingga tidak peduli akan banyaknya jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tanpa disertai dengan nutrisi yang cukup. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa membuat kadar gula darahmu menurun secara drastis yang menyebabkan rasa lapar itu timbul.


5. Stres

Saat kita terlalu banyak melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran namun kurang beristirahat atau menghibur diri, lama-kelamaan perasaan kita juga menjaga berat dan justru merasa tertekan dengan beban kerja yang sebenarnya sudah biasa dilakukan sehari-hari. Kondisi inilah yang bisa disebut stres. Orang yang mengalami stres cenderung melampiaskan perasaannya dengan mengonsumsi camilan dan makanan siap saji secara berlebihan. Hal ini dikarenakan rasa tertekan dalam diri seseorang bisa mendorong hormon yang memicu rasa lapar. Jadi mulai sekarang imbangi aktivitasmu ya! Bekerja itu penting, tapi sesekali kamu juga perlu hiburan untuk menjaga kesehatan mental dan istirahat untuk menjaga kebugaran tubuh.


Setelah mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan rasa lapar berlebih di atas, kini kamu bisa melakukan introspeksi. Perbaiki kebiasaan tersebut dengan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan menghibur diri, menjaga pola makan, dan mengonsumsi air yang cukup setiap hari. Semoga bermanfaat!

[zombify_post]

Previous articleMisteri Dibalik Mantan Yang Tiba – Tiba Nge Chat ‘Halo apa kabar ?’
Next article6 Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman