5 Perawatan yang Perlu Diterapkan Ketika Mengalami Eczema

Apakah sekarang kalian sedang mengalami gatal – gatal di beberapa area kulit secara terus menerus?

Sebaiknya jangan pernah menganggap hal ini sebagai hal yang sepele. Bisa jadi, kalian sedang mengalami suatu gangguan yang disebut eczema atau yang lebih sering disebut dengan istilah eksim.

Tapi, sebenanrnya apa itu penyakit eczema?

Eczema atau eksim sendiri merupakan penyakit atau kelainan pada kondisi kulit yang menyebabkan ruam dimana seringkali disertai dengan rasa gatal pada kulit yang sangat mengganggu dan biasanya terjadi secara terus – menerus.

Apabila menjadi semakin lebih parah, maka area tubuh yang mengalami gatal ini dapat mengalami kemerahan dan disertai dengan pembengkakan. Eczema atau eksim ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan terganggu dalam melakukan aktivitas kesehariannya.

Eczema dapat menyerang semua usia. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa sekalipun memiliki resiko yang sama. Faktor penyebab munculnya penyakit eczema ini disebabkan oleh orang – orang yang memiliki riwayat asma, faktor genetik atau keturunan, kulit kering, pengaruh lingkungan serta alergi.

Agar dapat mengatasi serta meredam eczema agar tidak semakin parah, maka perlu dilakukan 5 perawatan yang wajib dilakukan ketika mengalami Eczema

1. Menghindari stres

Salah satu faktor yang ddapat menyebabkan eczema menjadi lebih parah adalah karena terjadinya stress.

Salah satu efek dari rasa gatal secara terus menerus pada kulit dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena itulah penderita eczema bisa mengalami stres akibat tidak tahu bagaimana eczema bisa terobati.

Parahnya, eksim ini akan menjadi semakin parah apabila terjadi stres yang terlalu berlebihan. Bahkan stres juga dapat memicu, memperpanjang, atau memperburuk kondisi dari penyakit eksim yang muncul pada beberapa bagian pada bagian – bagian tubuh penderitanya.

Karena itulah, ketika sedang menderita eczema kamu wajib untuk menghindari stres.

2. Memperhatikan pemilihan komposisi sabun

Ketika seseorang sedang menderita penyakit eksim, sangat disarankan untuk memperhatikan sabun sesuai dengan kondisi si penderita. Ada beberapa komposisi yang perlu dihindari oleh seorang penderita eczema. Yaitu deterjen, pewangi, alkohol, dan juga antiseptik.

Sedangkan, komposisi bahan dari sabun yang aman untuk seseorang yang sedang mengalami eczema adalah Sabun yang memiliki PH seimbang, tidak mengandung colorant, mengandung lidah buaya, dan tidak sensitif di kulit.

3. Mencegah kulit kering dengan memakai pelembap

Bagi para penderita eczema dengan kulit yang kering, dapat memperparah kondisi eczema. Oleh karena itu, sangat penting untuk memakai pelembap kulit selama perawatan. Peran dari pelembap berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sehingga mampu mengatasi parahnya eczema.

4. Mengatur pola makanan dan minuman

Selain pengaruh dari sabun dan juga bahan perawatan kulit, makanan dan minuman juga akan berpengaruh besar bagi penderita eczema. Terlebih apabila penderitanya memiliki riwayat alergi terhadap suatu bahan makanan.

Karena jika makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh yang mengandung bahan – bahan pemicu rasa gatal, maka kan memungkinkan eksim atau eczema menjadi lebih parah.

5. Sebisa mungkin untuk menghindari cuaca ekstrem

Faktor lainnya yang dapat memperparah kondisi eksim adalah cuaca ekstrim seperti panas. Apabila cuaca sedang sangat panas dan terjadi secara terus menerus, maka hal ini dapat menyebabkan keringat menjadi lebih banyak sehingga kulit yang terkena eczema menjadi sangat gatal.

Begitu juga ketika penderitanya sedang berkegiatan dari suhu panas ke suhu dingin atau sebaliknya.  Hal ini akan membuat kondisi penurunan kelembapan pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering serta menimbulkan gatal.

Maka itu, sebisa mungkin para penderita harus menghindari kegiatan yang terlalu melelahkan pada saat terjadinya cuaca ekstrem.

Itulah 5 perawatan yang perlu dilakukan ketika sedang mengalami eksim atau eczema. Semoga bermanfaat.

Agar dapat mengatasi serta meredam eczema agar tidak semakin parah, maka perlu dilakukan 5 perawatan yang wajib dilakukan ketika mengalami Eczema