5 Sikap yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Thailand

Sebelum kamu berkunjung ke Thailand lebih baik kamu mengerti budaya yang berlaku di negeri gajah putih tersebut. Berikut ini merupakan sikap yang tidak layak kamu lakukan ketika berada di sana:

1. Melipat Kaki

Melipat kaki dianggap sebagai sikap yang tidak sopan di Thailand. Namun tidak semua melipat kaki.

Melipat kaki yang dianggap tidak sopan adalah ketika telapak kaki terlihat dari pandangan orang yang berada di depan. Itu dianggap sebagai sebuah penghinaan. Atau paling tidak dianggap sebagai sikap yang tidak sopan.

Sama halnya ketika kamu menempatkan kaki di sisi meja atau kursi yang membuat telapak kaki kelihatan. Itu juga dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan.

Bagi orang Thailand, telapak kaki dianggap sebagai anggota tubuh yang paling kotor. Sehingga, kamu pasti akan sering menemui orang Thailand yang akan mencuci kaki ketika hendak memasuki rumah.

2. Memegang Kepala

Bagian sebagian penduduk di Thailand, kepala adalah bagian tubuh yang paling suci. Sehingga bagian tersebut tidak boleh ada yang memegang, meskipun hanya sekedar becanda.

Jika kamu berada di Indonesia, memegang kepala teman adalah sesuatu yang biasa. Kamu mungkin biasa mengoyak rambut teman kamu. Namun hal itu jarang terjadi di Thailand. Dengan alasan apapun, memegang kepala orang lain adalah sesuatu yang buruk.

Terkait hal ini, masih ada orang yang Thailand yang menerapkan secara ketat. Namun sebagian warga Thailand terkadang tak mempermasalahkan jika dipegang kepalanya.

3. Menggunakan Rok Pendek

Thailand bukan negara seperti Arab Saudi yang mengharuskan warga perempuan menggunakan pakaian tertutup. Namun di Thailand juga melarang para perempuan menggunakan gaun atau rok yang sangat pendek.

Perlu diketahui bahwa Thailand adalah negara yang cukup konservatif. Banyak norma-norma yang harus diterapkan. Terkadang norma tersebut tidak sesuai dengan negara-negara lain.

Jika kamu sedang berkunjung ke Thailand, lebih baik menggunakan pakaian yang longgar. Jika menggunakan rok, usahakan menggunakan rok di bawah lutut.

Sementara itu, sebagian besar perempuan di Thailand banyak yang menggunakan rok panjang atau gaun panjang. Bukan hanya itu, sebagian besar juga menggunakan celana sebagai bawahan.

4. Menjauhi Orang yang Pakai Inhaler

Inhaler adalah kebutuhan hidup yang sangat penting bagi orang-orang Thailand. Bagi sebagian orang, aroma Inhaler membuat pusing. Namun jika kamu berada di Thailand jangan pernah menunjukkan jika kamu tidak suka dengan Inhaler.

Inhaler adalah benda yang sangat populer di Thailand. Hampir semua orang di Thailand suka dengan barang tersebut. Maka wajar apabila di toko-toko besar atau kecil yang menjual barang tersebut.

Orang Thailand menggunakan Inhaler untuk menghilang berbagai kondisi tubuh seperti sakit kepala atau mengatasi pilek.

Kamu pasti akan banyak menemui orang memakai inhaler ketika berada di Thailand. Oleh sebab itu, jangan pernah menunjukkan bahwa kamu ‘alergi’ terhadap barang tersebut meskipun sebenarnya kamu tidak suka aromanya.

5. Cari Tisu di Toilet Umum

Jika kamu tidak pernah menemukan tisu di dalam toilet jangan pernah protes terhadap orang Thailand. Pasalnya, tisu memang bukan untuk toilet menurut orang Thailand.

Mungkin kamu mengenal tisu yang khusus untuk toilet. Namun bagi orang Thailand, tidak ada pengertian semacam itu. Orang Thailand menggunakan tisu toilet untuk menggantikan serbet di ruang makan.

Sebagian orang Indonesia juga ada yang menggunakan tisu toilet di ruang makan.