5 Tanda Apakah Si Dia adalah Jodohmu yang Sesungguhnya

Jodoh, mati, dan rezeki memang berada di tangan Tuhan. Namun tidak ada salahnya kita memperhatikan tanda-tanda bahwa sesorang adalah jodoh yang tepat bagi kita. 

Berikut ini adalah tanda-tanda yang perlu kamu perhatikan apakah kamu jodoh yang sesungguhnya untuk si dia:

1. Wajah Punya Kemiripan

Mungkin kamu pernah mengamati foto pasangan yang memiliki kemiripan wajah. Dua orang yang berjodoh memang akan sedikit atau banyak memiliki kemiripan pada wajah.

Setiap orang yang terlahir di dunia pasti memiliki wajah yang unik. Kalaupun tampak sama, namun tetap ada berbeda. Kemiripan wajah seperti itu seringkali terjadi pada saudara kandung atau bayi yang lahir secara bersamaan.

Namun sepasang kekasih juga bisa memiliki kemiripan wajah. Meskipun dua orang tersebut sejatinya tidak memiliki hubungan darah atau hubungan keluarga. Namun uniknya dua orang berpasangan tersebut memiliki kemiripan pada wajah.

Yang seperti itu memang menjadi tanda bahwa orang antara pria dan wanita yang memiliki kemiripan cenderung akan menjadi jodoh yang baik dan bahagia.

Masalah kemiripan pada pasangan pernah menjadi obyek penelitian yang dilakukan Robert Zajonc dari Universitas of Michigan. Ia menemukan bahwa pasangan cenderung memiliki kemiripan. Kemiripan tersebut akan semakin kentara seiring dengan usia kebersamaan mereka. Makin bahagia hubungan mereka maka akan makin mirip pula parasnya.

Aneh, kan?

2. Punya Sifat dan Hobi yang Hampir Sama

Kemiripan yang menjadi tanda-tanda dua pasang manusia yang berjodoh bukan hanya pada wajah. Kemiripan hobi dan sifat juga bisa menjadi tanda kalau dua orang yang bukan keluarga tersebut adalah jodoh yang sebenarnya.

Sebelum sepasang menjalin hubungan yang lebih serius pasti memiliki ketertarikan yang sama. Mungkin pasangan tersebut memiliki hobi yang sama. Setelah itu, hubungan mereka akan makin rekat karena memiliki hobi yang sama. Memiliki sifat yang sama juga bisa jadi tanda jodoh.

Nah, orang yang memiliki hobi dan sifat yang sama ketika menjalin hubungan dipercaya akan lebih bahagia. Mereka akan mampu membangun cerita yang menarik dalam kehidupan mereka. Akhirnya, perjodohan ini akan langgeng selamanya.

3. Ada Kesamaan terkait Latar Belakang

Orang yang akan berjodoh cenderung memiliki latar belakang yang sama. Mungkin pendidikan yang sama, mungkin status ekonomi yang hampir sama, atau masa lalu yang memiliki kesamaan.

Sebuah penelitian telah dilakukan di kalangan selebriti di Amerika. Mereka yang berjodoh kebanyakan memiliki latar belakang yang sama, terutama soal pendidikan. Hal tersebut dapat dimengerti karena mereka mulai membangun hubungan saat berada di kampus.

Orang yang memiliki masa lalu yang hampir sama juga bisa menjadi jodoh. Misalnya ada orang yang memiliki luka masa lalu tentang membangun hubungan, maka hal tersebut akan makin menguatkan sebuah hubungan. Pasalnya, dua orang yang membangun hubungan tersebut sama-sama telah belajar tentang masa lalu dan memiliki komitmen untuk sama-sama tidak mengulangi masa kelam di masa lalu.

4. Dari Ras/Suku yang Sama

Memilih pasangan beda suku/ras memang tidak ada larangan. Namun perjodohan dalam kondisi tersebut ada tantangan yang harus dihadapi. Biasanya yang sering terjadi adalah penyesuaian pada tradisi baru bagi salah satu pasangan.

Tidak mudah bagi orang Kalimantan dan orang Madura untuk menjalin hubungan cinta. Tradisi mereka sama sekali berbeda. Apalagi jika pernah terjadi konflik antara dua suku/ras akan makin sulit untuk berjodoh.

Oleh sebab itu, khususnya di Indonesia, banyak orang tua yang lebih menyarankan anaknya untuk mencari jodoh yang sama soal budaya, tradisi, dan suku. Sebab, hal itu akan mempermudah dalam banyak hal.

5. Punya DNA Sama

Orang yang berjodoh bisa memiliki DNA yang sama. Itu bisa terjadi karena orang cenderung memilih pasangan dari etnis yang sama.