5 Tips Jitu Mahir Bahasa Asing dengan Cepat dan Mudah!

139

Apakah ada diantara kamu yang memiliki jumlah sedikit dalam belajar bahasa asing? Baik itu bahasa Inggris, Jepang, Korea, dan lain-lain? 

Apalagi jika ada teman kamu yang bisa menonton film luar tanpa menggunakan subtitle. Pastinya akan timbul sedikit rasa yang masih positif dalam dirimu.

Sebenarnya, kamu bisa mahir dalam bahasa apa pun jika tau 5 tips jitu mahir bahasa yang akan penulis bagikan kali ini. 

Penasaran apa aja tipsnya? Simak artikel ini sampai habis.

1. Pilih satu bahasa sesuai minat kamu

Biasanya, sebagai muda-mudi yang hidup digenerasi milenium seperti sekarang mungkin lebih dari kita yang memiliki rasa keingin-tauan yang tinggi. Terkait dalam urusan bahasa. Karena dapat berbicara dengan beberapa bahasa fasih dapat menambah rasa PD.

Namun, ada yang mau kamu fokuskan satu persatu sebelum mau fasih bahasa asing. Sebagai contoh, sebut saja kamu sedang tertarik untuk belajar bahasa jepang, korea dan cina. 

Pilih salah satu yang paling kamu minati antara 3 bahasa tersebut. Katakanlah kamu senang menonton film jepang, siap pakai untuk menguasai bahasa jepang terlebih dahulu. Dan setelah cukup bisa bahasa jepang, barulah kamu mulai bahasa kedua yang kamu minati kemudian yang ke 3.

2. Belajar melalui bidang yang kamu sukai

Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk belajar bahasa asing. Yaitu melalui bidang atau hal yang kamu sukai. 

Katakanlah kamu adalah seorang gamer, dan kamu ingin belajar bahasa jepang. Nah, coba untuk mencoba memainkan game yang menggunakan bahasa Jepang. Ini akan sangat membantu kamu untuk belajar tanpa merasakan keterpaksaan. Karena kamu belajar melalui hobi kamu.

Hal yang sama juga bisa diterapkan jika kamu suka musik atau menonton film. Jika kamu mau belajar bahasa Inggris sambil menunggu atau mendengarkan lagu dengan bahasa inggris. 

3. Menulis catatan kecil

Bagi sebagian orang, menulis catatan kecil adalah hal yang sering dianggap sepele. Namun, faktanya dengan menulis catatan kamu kecil akan lebih mudah untuk mengingat kosakata yang kamu tulis.

4. Jangan malu untuk berbicara

Salah satu faktor yang paling mempengaruhi kemampuan berbicara seseorang adalah dengan berbicara. Biasanya, jika seseorang sudah mahir atau menguasai satu bahasa mereka akan mencoba untuk berbicara dengan bahasa tersebut.

Dan jika tidak dikeluarkan atau dibicarakan, semua bahasa yang sudah dipelajari akan dihapus. Hal ini karena kita tidak mengaplikasi apa yang sudah kita ketahui dan kita tidak bisa menggunakannya lagi.

Salah satu alasan yang sering dipakai karena malu. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghilangkan rasa malu dan mulai berbicara dengan bahasa yang sudah kamu kuasai.

Jika tidak ada teman untuk berlatih atau berbicara dengan bahasa yang kamu miliki, kamu bisa melatihnya dengan berbicara didepan cermin, bernyanyi, atau menonton film-film yang menggunakan bahasa yang sudah kamu mengerti.

5. Unduh aplikasi untuk belajar bahasa asing 

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, semua hal sudah ada dan dimudahkan untuk keperluan kita sehari-hari. Baik itu lewat kecanggihan teknologi juga dari internet.

Dan sekarang, hampir semua orang memiliki gadget masing-masing. Jika Anda tidak memanfaatkannya dengan baik, semua hal yang dapat Anda gunakan dapat dihapus dan sia-sia saja.

Sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa baik itu di handphone, laptop, maupun gadget lainnya.

Kamu bisa mulai dengan mengunduh aplikasi untuk melatih bahasa yang sudah kamu kuasai dan terus mengasahnya agar semakin mahir.

[zombify_post]

Previous article5 Penemuan Paling Berpengaruh Nikola Tesla, Sang Mad Scientist
Next articleBanyak Yang Belum Tau, Ini 5 Dampak Kelebihan Protein bagi Tubuh