6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Noda Teh dan Kopi pada Cangkir

Kopi dan teh selain menyebabkan gigi kuning, kandungan senyawa yang aktif dalam teh dan kopi juga bisa membuat dasaran gelas atau cangkir gelap bernoda. Jika noda tersebut tidak segera dibersihkan dan semakin membandel akan sulit untuk dihilangkan. Coba kita bersihkan noda tersebut sebelum memutuskan untuk membeli cangkir atau gelas baru, selain menggunakan cairan pembersih noda seperti yang ada di pasaran, coba bersihkan noda tersebutdengan bahan-bahan yang mudah dicari atauyang ada di dapur. Bahan-bahan apa sajakah kira-kira yang bisa digunakan untuk membersihkan noda tersebut?

Di bawah ini ada 6 cara mengatasi noda kopi dan teh pada cangkir kesayangan anda:

1. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas teh dan kopi di cangkir

Cara membersihkan noda pada cangkirmu dengan baking soda adalah masukkan satu sendok makan baking soda ke dalam cangkir yang ada nodanya. Tambahkan sedikit air buat jadi pasta. Diamkan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian gunakan sikat gigi atau lap untuk menggosok pasta baking soda ke bagian yang ada nodanya, setelah itu bilas dengan air.

2. Cuka dan garam adalah kombinasi sangat efektif yang biasanya juga dipakai untuk mengatasi noda pada cangkir atau gelas

Cuka senyawa kimia asam organic yang sangat dikenal sebagai pemberi aroma dan rasa asam dalam makan atau suatu masakan. Sedangkan garam terdiri dari 40% natrium dan 60% klorida. Kedua senyawa tersebut apabila dicampurkan dapat membantu menghilangkan noda dan membuatnya bersih dari noda kopi maupun teh yang membandel. Caranya campurkan kedua bahan tersebut lalu gosokkan pada noda digelas atau mug anda. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Lemon mengandung anti bakteri yang bisa di manfaatkan untuk menghilangkan noda pada cangkir kesayanganmu

Lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi noda kopi dan teh pada cangkirmu yang terkena noda membandel. Caranya yaitu dengan menuang air panas ke dalam gelas, atau cangkir yang terkena noda, lalu tambahkan air peresan lemon tersebut, diamkan selama satu malam. Setelah itu cuci seperti biasa dengan sabun cuci piring lalu bilas sampai bersih.

4. Nanas mengandung vitamin C juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada cangkir atau gelas

Selain lemon nanas juga bisa di gunakan untuk membersihkan noda yang membandel pada gelas atau cangkir kesayanganmu akibat bekas kopi dan teh. Caranya yaitu potong nanas lalu ambil bagian tengahnya saja, gosok-gosokkan ke noda yang membandel. Kemudian cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci piring dan bilaslah sampai bersih.

5. Ampas kopi juga bisa digunakan membersihkan noda pada cangkir kesayanganmu

Ampas kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas noda yang membandel pada cangkir kesayanganmu. Caranya ambil ampas kopi yang sudah tidak digunakan lalu gosok-kgosokkan  ke cangkir yang terkena noda kopi dan teh. Diamkan beberapa saat, lalu cucilah seperti biasa menggunakan sabun cuci piringdan bilas hingga bersih.

6. Pasta gigi mengandung abrasive ringan seperti kalsium karbonat, gel silica dehidrasi, magnesium karbonat, garam fosfat, dan silikat yang dipercaya bisa menghilangkan noda

Pasta gigi juga tidak kalah ampuh dengan bahan-bahan di atas, karena pasta gigi juga bisa menghilangkan noda bekas kopi dan teh. Caranya adalah oleskan pasta gigi lalu sikat menggunakan sikat gigi. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu gosok dengan lap piring. Kemudian cuci seperti biasa.

Di atas beberapa cara untuk menghilangkan noda yang membandel pada cangkir atau sejenisnya dari kopi dan teh. Sekarang tidak perlu khawatir lagi jika cangkirmu menggelap akibat kopi dan teh ya!