6 Manfaat Membaca Buku, Yakin Masih Mau Malas-malasan?

Kalau kamu masih muda tapi sudah merasakan gejala-gejala kepikunan, bisa jadi karena kamu kurang membaca. 1 min


0

Beberapa waktu lalu Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan tingkat literasi kedua terendah dari 62 negara. Itu artinya kita berada di posisi 61. Bahkan menurut sejumlah penelitian, minat baca orang Indonesia sangat amat memprihatinkan. UNESCO, misalnya, mengatakan bahwa minat baca orang Indonesia sangat rendah yakni 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang cuma ada 1 yang rajin membaca buku. Nah, pertanyaannya kamu termasuk dalam golongan yang 999 orang atau yang 1 orang?

Kalau kamu termasuk dalam golongan yang 999 orang yuk simak 6 manfaat membaca di bawah ini yang dikutip dari indonesiabaik.id.

  1. 1 Mengurangi resiko Alzheimer


    Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara. Biasanya penyakit ini ditemukan pada usia 65 tahun. Nah, pernah kah kamu melihat guru atau dosenmu yang sudah berusia di atas 60 tahun tapi masih memiliki daya ingat yang kuat dan kemampuan berpikir yang baik? Itu semua berkat kebiasaan rajin membaca yang mau tidak mau harus beliau-beliau itu lakukan demi tunturan profesi. Kalau kamu masih muda tapi sudah merasakan gejala-gejala kepikunan, bisa jadi karena kamu kurang membaca.

  2. 2 Memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbicara

    Banyak membaca akan membuat referensimu bertambah. Semakin banyak kata yang kamu baca semakin banyak pula pengetahuan baru yang kamu dapatkan. Perhatiin deh para seniman kata yang sering bikin kita terkesima di sosial media kayak Fiersa Besari. Kalau bukan karena sering membaca dari mana lagi dia mendapatkan perbendaharaan kata yang begitu kaya?

  3. 3 Menambah wawasan dan pengetahuan


    Ada banyak cara mendapatkan wawasan dan pengetahuan tambahan, membaca adalah salah satunya. Enggan membaca akan membuatmu memiliki sedikit pengetahuan dan wawasan. Pilihan sekarang ada di tanganmu, mau punya sedikit wawasan atau banyak wawasan?


  4. 4 Mengurangi resiko stres

    Menurut banyak penelitian orang yang rajin membaca memiliki tingkat stres 60% lebih rendah dibanding yang tidak suka membaca. Semakin sering kamu membaca semakin kecil kemungkinan untuk stres. Lagian banyak membaca akan membuatmu berpikir lebih positif karena kamu memiliki pemahaman yang luas dalam menghadapi suatu masalah.

  5. 5 Open Minded


    Banyak membaca akan membuatmu memiliki pikiran terbuka. Tidak gampang men-judge sesuatu dan menghakimi sebuah permasalahan. Kamu akan terbiasa untuk mencari tahu kebenaran suatu isu dari pada termakan dengan satu sumber bacaan. Sederhananya kamu akan lebih kritis terhadap hoax yang berseliweraan dalam kehidupanmu. 

  6. 6 Meningkatkan kemampuan berpikir

    Membaca akan membuat pikiranmu terlatih mencerna segala sesuatu dengan sistematis dan terstruktur. Kamu tidak akan melihat segala sesuatu hanya dari perspektif hitam dan putih, positif dan negatif. Membaca akan membuatmu jadi pribadi yang lebih arif lagi bijaksana.

    Sudah baca apa hari ini?

Baca Juga:  5 Hal Nggak Diduga yang Bisa Bikin Hubungan Kamu Berantakan. Sepele tapi Bisa Bikin Putus, Miris!

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality