6 Sinetron Populer Kontroversial Tidak Layak Ditonton

Sinetron adalah sebuah serial yang biasanya tayang di televisi swasta di Indonesia. 1 min


Sinetron adalah sebuah serial yang biasanya tayang di televisi swasta di Indonesia. Beberapa sinetron harus berhenti tayang karena melanggar peraturan yang dibuat KPI (Komisi Penyiaran Indonesia); beberapa hanya mendapat peringatan saja terkait adanya pelanggaran.

Berikut ini adalah beberapa judul sinetron yang pernah melanggar peraturan KPI tersebut:

  1. 1 Dari Jendela SMP


    Sinetron 'Dari Jendela SMP' adalah sebuah sinetron yang saat ini tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Sinetron tersebut menjadi sinetron yang kontroversial karena menceritakan sebuah hubungan cinta antar anak SMP. Yang lebih parah lagi, dalam sinetron tersebut terdapat kejadian hamir di luar nikah pada awal-awal tayang.

    Hal yang membuat sinetron ini kemudian dilaporkan kepada KPI dan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Dua lembaga tersebut dikabarkan telah turun tangan dan memberikan teguran pada pihak-pihak yang memproduksi sinetron tersebut.

    Dari Jendela SMP sendiri memberikan warna baru di layar kaca. Sinetron ini menghadirkan aktris pendatang baru yaitu Sandrinna Michelle. Gadis cantik tersebut berperan sebagai Wulan. Kemudian Rey Bong berperan sebagai Joko. Dua remaja tersebut adalah pendatang baru di kancah sinetron Indonesia.

  2. 2 Siapa Takut Jatuh Cinta


    Sementara itu sinetron dengan judul 'Siapa Takut Jatuh Cinta' juga kena teguran dari KPI. Sinetron ini dinilai melanggar aturan karena menayangkan sebuah adegan dewasa yang dilakukan oleh Bryan Domani sebagai Leon dan Ersya Aurelia sebagai Dara. Memang dalam alur cerita, dua orang tersebut sudah menikah namun menampilan adegan hubungan intim dalam sebuah sinetron tidak pantas dilakukan.

    Siapa Takut Jatuh Cinta merupakan film drama percintaan remaja yang diadopsi dari serial drama korea yaitu Meteor Garden. Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt.

    Beberapa aktor yang terlibat dalam pembuatan film ini di antaranya adalah Natasha Wilona, Verrell Bramasta, Bryan Domani dan Ersya Aurelia.

  3. 3 Tukang Bubur Naik Haji


    Tukang Bubur Naik Haji sebenarnya sinetron yang digemari masyarakat Indonesia. Namun pada beberapa bagian memang terdapat kekurangan sehingga mendapat teguran dari KPI.

    Sinetron Bubur Naik Haji dilaporkan kepada pihak yang berwenang karena menampilkan tokoh politik dalam film tersebut di tahun politik. Dua tokoh politik yang dimaksud adalah Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran terkait perlindungan kepentingan publik.

    Sebelum kejadian tersebut, Tukang Bubur Naik Haji juga telah melakukan beberapa kesalahan sebagai tontonan publik. Dalam sinetron ini pernah menampilakan tanpa sensor jasad mayat dengan luka dan membusuk. Selain itu, juga pernah menampilkan kata-kata yang kurang pantas sehingga dapat memberikan kesan buruk pada ajaran agama, sebab sinetron ini sangat kental dengan nuansa agama.

  4. 4 Ganteng-Ganteng Serigala


    Ganteng-Ganteng Serigala (GGS) adalah sebuah sinetron yang cukup fenomenal. Sinetron ini sangat populer dan banyak sekali plesetan tentang judul sinetron tersebut. Pasalnya, GGS memang film remaja yang sangat familiar di telinga orang Indonesia.

    Sinetron ini banyak berkisah tentang kehidupan remaja. Setiap episode tak lepas dari adegan percintaan, perkelahian, mengendara sepeda motor tanpa aturan, dan lain sebagainya.

    Terdapat beberapa episode yang dilaporkan masyarakat kepada KPI. Sinetron ini dinilai kurang mendidik dan dapat merusak moral para remaja Indonesia.

  5. 5 Kau yang Berasal dari Bintang


    Kau yang Berasal dari Bintang adalah sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey. Sinetron ini meniru film dari Korea yang berjudul 'Man from the Stars'. Kemudian sinetron ini dianggap sebagai plagiat.

    Sementara itu, Man from the Stars adalah film yang diproduksi oleh SBS. Rumah produksi film tersebut tidak menjual lisensi filmnya kepada siapapun. Untung saja, SBS tak mempermasalahkan hal tersebut. Dan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang kembali tayang  meskipun tak bertahan lama.

  6. 6 Pashmina Aisha


    Pashmina Aisha adalah film yang dibintangi oleh Aura Kasih. Sinetron ini juga pernah dicekal KPI karena menunjukkan adegan kekerasan.

    Itulah beberapa sinetron yang kontroversial dan tidak layak ditonton.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item