7 Cara Menyeimbangkan antara Produktivitas dan Kebutuhan Rohani

Kita semua dituntut untuk menjadi orang yang produktif setiap harinya. Namun di sisi lain, kita juga perlu memenuhi kebutuhan rohani. 1 min


Kita semua dituntut untuk menjadi orang yang produktif setiap harinya. Namun di sisi lain, kita juga perlu memenuhi kebutuhan rohani. Agar kedua kebutuhan tersebut terpenuhi, maka kita harus mengatur cara hidup kita pada setiap harinya.

Menjadi orang yang produktif adalah sebuah keharusan selama kita masih mampu. Apalagi masih muda. Jangan sampai ada waktu luang sehingga tak memiliki manfaat apapun dalam hidup kita.

Di samping kita sibuk mengerjakan tugas kita setiap hari, kita juga perlu memenuhi kebutuhan rohani kita. Pasalnya, dalam hidup ini kita juga butuh ketenangan batin.

Produktif mengejar materi memang penting, namun ketenangan jiwa selama hidup ini juga tak kalah penting.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatian dalam kehidupan kita sehari-hari agar kita menjadi orang yang produktif dan memiliki ketengan jiwa. 

  1. 1 Mulai Hari dengan Rasa Syukur


    Sebuah awalan akan menentukan hasil akhir. Jika kita mengawali sesuatu dengan baik, maka kita pun akan mendapatkan hasil yang baik. Untuk itu kita disarankan agar mengawali hari dengan rasa syukur. Dengan begitu, kita akan menerima dengan hati yang lapang apapun hasil usaha kita.

    Saat pertama kali kita terbangun dari tidur di pagi hari, kita disarankan untuk bersyukur terhadap segala nikmat. Kita perlu ingat bahwa kita masih diberikan kekuatan untuk menjalani hari  dan kesempatan untuk mengejar cita-cita. 


    Maka syukur pada awal hari adalah sesuatu yang sangat penting.

  2. 2 Mengutamakan yang Berat Terlebih Dahulu


    Setelah kita bersyukur maka langkah yang kedua adalah mengawali aktivitas produktif. Upayakan untuk mengerjakan pekerjaan yang paling berat terlebih dahulu. Jika itu sudah terlewati, maka di sisa hari akan terasa lebih enteng.

    Mengakhirkan pekerjaan yang berat akan membuat pikiran kita terus terbebani hingga pekerjaan berat tersebut selesai. Oleh sebab itu, dahulukan mengerjakan yang berat lalu yang ringan-ringan.

  3. 3 Fokus Mengerjakan Satu Hal


    Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan satu per satu. Jangan pernah mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Cara tersebut justru akan menguras pikiran dan akan sangat melelahkan. Sementara hasilnya tak akan maksimal.

    Meskipun pekerjaan sedang menumpuk, lakukanlah dengan tertib. Pekerjaan jika dikerjakan berlahan satu per satu tidak terasa akan selesai dengan baik.

  4. 4 Disiplin


    Usahan untuk menerapkan kedisiplinan yang ketat pada diri sendiri. Dengan begitu maka kita akan menjadi orang yang produktif.

    Sebaliknya, suka menunda sesuatu justru akan menjadi beban pikiran dan pekerjaan tidak beres.

    Disiplin ini penting. Bahkan ada yang mengatakan bahwa disiplin itu lebih penting daripada otak yang cerdas agar pekerjaan beres dengan baik.

  5. 5 Memiliki Kebiasaan Mencatat


    Miliki kebiasaan mencatat kegiatan harian itu sangat baik. Catatan ini akan sangat bermanfaat untuk merekam apa saja yang akan dan telah kita lakukan selama sehari. Dan catatan itu penting sekali sebagai bahan evaluasi diri.

  6. 6 Evaluasi


    Dan selanjutnya adalah melakukan evaluasi diri. Kita perlu untuk melakukan kontemplasi agar bisa menutupi kekurangan, membenahi kesalahan dan seterusnya.

    Orang yang melakukan evaluasi pasti akan menjadi lebih baik di kemudian hari.

  7. 7 Tidak Melupakan Ibadah


    Dan yang terakhir adalah jangan lupa dengan ibadah di tengah kesibukan kita.  Sepadat apapun kesibukan itu. Bagaimanapun, rohani kita juga memerlukan asupan agar tetap sehat. Dan asupan yang sehat itu adalah kedekatan diri dengan Tuhan.

    Demikian tadi beberapa tips agar bisa hidup produktif setiap hari serta mengimbanginya dengan memenuhi kebutuhan rohani.


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item