7 Pekerjaan Yang Cocok untuk Seorang Introvert

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa seorang introvert akan susah mendapatkan pekerjaannya karena kepribadiannya. Kepribadian mereka yang tidak nyaman berada di keramaian dan terlihat pemalu dianggap menjadi penghalang karir mereka. Namun, pada kenyataanya ada banyak profesi yang dapat dikerjakan denga baik oleh orang introvert maupun ekstrovert. Selain minim interaksi dengan orang, pekerjaan tersebut cukup bergengsi.

Introvert

Menurut psikolog Carl Jung, introvert adalah seseorang yang menghindari interaksi sosial yang berlebihan. Para introvert biasanya lebih senang bekerja secara individu. Mereka juga membutuhkan untuk sendiri untuk mengembalikan energinya yang telah terkuras di luar. Seorang introvert bukan berarti mereka tidak suka bergaul. Mereka hanya lebih senang berteman dengan sedikit orang serta menyukai ketenangan. Jika kamu adalah seorng introvert, berikut ini beberapa pekerjaan yang mungkin cocok mu:

1. Penulis

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yang pertama adalah menjadi seorang penulis. Menulis tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Sehingga kamu yang introvert akan merasa nyaman bekerja tempat akut harus berhubungan dengan banyak orang. Ketika melakukan pekerjaan, kamu bisa hanya berdiam diri di kamar dan menulis dengan tenang. Energimu tidak akan terkuras karena harus berhadapan dengan banyak orang.

2. Peneliti

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yang kedua adalah menjadi peneliti. Menjadi peneliti dianggap cocok untuk kamu yang introvert. Profesi ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi dan ketekunan. Peneliti juga tidak mengharuskan berhubungan dengan banyak orang. Pekerjaan ini akan cocok bagi seorang introvert yang suka bekerja sendiri dan menghindari keributan.

3. Pustakawan

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yang ke tiga adalah menjadi pustakawan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert terlebih pada bookworm. Pekerjaan ini bertanggung jawab mengorganisir buku-buku yang ada di perpustakaan. Selain itu pustakawan pun membantu pengunjung untuk mendapatkan buku dan mengerjakan tugas administrasinya. Saat bekerja kamu bisa saja membaca buku seharian di perpustakaan.

4. Graphic designer

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yang ke empat adalah Graphic designer. Pekerjaan ini hanya hanya mengharuskan kamu untuk bertemu dengan klien lalu membuat desain yang mereka inginkan. Bahkan konsultasi dengan pelanggan bisa dilakukan via email atau pesan singkat. Menjadi Graphic designer hanya perlu melakukan interaksi yang minim. Oleh sebab itu pekerjaan ini cocok bagi kamu yang introvert. Kamu dapat mengerjakan pekerjaan mu di tempat yang tenang dan menghindari keramaian.

5. Editor

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yang kelima adalah menjadi seorang editor. Mengedit sebuah tulisan membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Tapi yang paling penting adalah menjadi seorang editor tidak memerlukan interaksi yang intens dengan banyak orang. Dengan begitu pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang introvert. Ketika melakukan pekerjaan editing kamu bisa melakukannya di mana pun di tempat yang kau anggap nyaman dan tak perlu bertemu banyak orang kecuali memang itu benar-benar penting.

6. Akuntan

Pekerjaan yang cocok untuk introvert yang keenam adalah menjadi akuntan. Kamu yang introvert mungkin ingin bekerja kantoran, namun kamu memiliki kepribadian yang menghindari keramaian. Maka dari itu, pilihlah menjadi seorang akuntan. Profesi ini hanya fokus pada angka-angka dan keuangan perusahaan. Kamu tidak perlu bertemu dengan banyak orang sehingga walaupun kamu introvert kamu akan bekerja dengan nyaman.

7. Software Engineer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert yang ketujuh adalah menjadi software engineer. Ahli software ini bertugas untuk membuat dan mengembangkan perangkat lunak. Kamu yang seorang introvert bisa bekerja di perusahaan atau bahkan bisa bekerja secara mandiri. Pekerjaan ini tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang.

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert. Jangan biarkan orang lain salah paham padamu dan menganggap kamu tidak bisa bekerja karena introvert. Kamu harus membuktikan bahwa kamu yang introvert pun bisa berkembang dan maju.