7 Teknik Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Menjadi rahasia umum bahwa sampah rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah yang dihasilkan setiap harinya 1 min


Menjadi rahasia umum bahwa sampah rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah yang dihasilkan setiap harinya. Tentunya jika tidak dibuang akan memberi dampak yang buruk bagi penghuni rumah. 

Kesadaran bahwa penting mengelola sampah rumah tangga menjadi faktor penentu keberhasilan mengatasi masalah sampah. Disini diperlukan peran setiap anggota keluarga. Terus bagaimana cara pengelolaan sampah rumah tangga?

  1. 1 Membagi Sampah Menjadi 3 Bagian.


    Pemerintah memang telah lama mensosialisasikan tentang bagaimana memisah sampah. Namun pada kenyataannya, warga masih belum melakukannya bahkan menganggap bukan hal yang penting untuk memilah sampah. 

    Padahal pemisahan sampah rumah tangga menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Pemisahan ini dapat mempermudah dalam proses mendaur ulang. Setidaknya, kita membantu pemerintah mengelola sampah dari mulai hal yang terkecil.

    Bapak I Made Djaja, seorang ahli kesehatan lingkungan memberitahukan cara untuk memilah sampah rumah tangga. Setiap rumah tangga menyediakan tiga karung ukuran besar sebagai tempat sampah. 

    Setiap karung digunakan untuk sampah khusus. Misalnya karung kesatu untuk sampah plastik, karung kedua untuk sampah sisa makanan, dan karung terakhir untuk sampah kertas.

    Bapak I Made Djaja juga menuturkan bahwa jika kita memilah sampah, maka dapat mengurangi kesan jorok dari sampah. Karena pemisahan sampah seperti sisa makanan yang tidak dicampur dengan sampah plastik dan kertas membuat sampah menjadi bebas bau busuk.

  2. 2 Beralih Ke Trash Bag/Karung Sampah.


    Disarankan penggunaan karung sampah sebagai tempat pembuangan sampah. Selain mudah karena dapat langsung dibuang, juga mengurangi bau tidak sedap yang biasa ditimbulkan oleh tempat sampah. 

    Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih rapi dan bersih. Juga dapat menggunakan ember bekas sebagai penampung sampah organik.

  3. 3 Bank Sampah, Solusi Pengelolaan Sampah Masyarakat.


    Biasanya pengelolaan sampah dengan bank sampah diadakan di tingkat RW atau Desa. Sehingga masyarakat lingkungan tersebut tidak bingung mencari tempat pembuangan akhir. 

    Sistemnya yaitu setiap rumah menyetorkan sampah yang telah dipilah ke bank setiap dua minggu sekali. Kemudian bank meneruskan sampah ke petugas sampah guna didaur ulang ataupun bank sampah sendiri berperan sebagai pendaur ulang sampah.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item