9 Rahasia Ampuh Dalam Menulis CV Agar Cepat Mendapat Panggilan Kerja

55

Apakah Anda termasuk orang yang sedang melamar atau mencari pekerjaan? Apakah Anda pernah berkali-kali menulis surat lamaran kerja namun tak ada satu pun perusahaan yang memanggil Anda untuk mengikuti tes seleksi? Apalagi di interview?. Apakah Anda masih bingung bagaimana membuat surat lamaran serta daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang memikat dan menjual?

Jika iya, maka Andalah orang yang tepat untuk membaca dan memahami artikel ini. Ya, ini lah 9 rahasia bagaimana membuatCV dan surat lamaran yang memikat perusahaan yang Anda “tembak”, hingga bagian Human Resource Development (HRD) langsung jatuh hati pada Anda bahkan sebelum melihat Anda sekalipun. Jadi, jangan pernah menganggap remeh dalam pembuatan CV dan juga surat lamaran kerja.

Banyak aplikan yang berkas lamrannya tidak disentuh sedikit pun oleh orang-orang bagian HRD karena isiannya yang tdak menarik. Padahal mereka sudah bersusah payah membuatnya dan mengirikannya ke perusahaan, kasihan bukan?

Memang namanya surat lamaran, dan dari sisi namanya terlihat biasa saja dan tidak sulit, toh semua anak SMA bisa membuatnya, apalagi sarjana. Namun, hal itu merupakan pemikiran yang sangat salah. Perlu Anda ketahui, surat lamaran bukan hanya sekedar syarat dalam melamar pekerjaan. Surat ini secara tidak langsung memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai gambaran dari kepribadian Anda. Diibaratkan seperti penilaian dari kemasan suatu produk, penilaian awal selalu tergantung pada kemasannya.

Begitu pula dengan CV yang justru lebih urgen. Keberadaan CV bukan hanya untuk pelengkap surat lamaran kerja semata, namun justru merupakan dokumen paling penting yang menjelaskan rekam jejak Anda, menjelaskan siapa Anda, kepribadian Anda, hingga HRD dapat dengan mudah mengenali Anda jika CV yang Anda sodorkan terlihat menarik dan meyakinkan.

Membuat CV yang menarik dan menjual bukan hanya mengenai soal konten, desain, dan standar CV yang diinginkan oleh perusahaan penerima Anda. Namun juga memperhatikan tulisan yang tersusun dengan rapi dan enak dipandang mata, serta deskripsi diri yang jelas dan ringkas agar HRD dapat dengan mudah mengenali diri Anda. Oleh karena itu, CV merupakan langkah awal agar Anda mempunyai kemungkinan besar untuk dipanggil interview kerja dari sekian banyak pesaing yang ada.

Inilah 9 rahasia menulis CV yang menarik dan menjual:

Hindari Format Berlebihan

Format memang diperlukan, namun jangan berlebihan atau bahkan salah, jika bisa sesuai dengan format yang diinginkan oleh perusahaan yang dituju. Contoh format misalnya, jarak dan spasi, gambar atau warna, bentuk, jenis huruf, ukuran huruf, dan lain-lain.

Tulis Riwayat Pendidikan Baru

Selalu update dan sesuaikan dengan kebutuhan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Namun jangan berbohong, ya!

Gunakan Rumus KISS

Yaitu Keep it Short and Simple. Detail, singkat dan bertele-tele, langsung mengarah pada pokok tujuan.

Tulis Fakta

Tidak disarankan menulis sesuatu yang tidak ada buktinya, namun berikan informasi sesuai dengan fakta. Gunakan kalimat yang berpengaruh dan berkesan sesuai dengan pekerjaan yang diminati (passionate), sisipkan personal link seperti blog atau sosial media jika ada.

Gali Informasi Tentang Perusahaan

Gali informasi tentang perusahaan seperti keunggulan perusahaan, visi dan misi, serta corporate culture. Sehingga menjadi pengayaan informasi bagi calon pelamar.

Tonjolkon Spesifikasi yang Ingin Digeluti

Jika memiliki portofolio berupa sertifikat keahlian pada bidang digelitu, sangat dianjurkan untuk melampirkannya dan ditulis dalam CV Anda. Ini sangat berguna sebagai penguat dari kapasitas nilai dari bidang yang Anda tekuni.

Gunakan Huruf yang Pas dan Proporsional

Ukuran huruf yang digunakan umumnya menggunakan ukuran 11-12pt. Sedangkan untuk jenis hurufnya, gunakanlah tipe Sans Serief agar mudah dibaca.

Foto Diri

Yang terakhir adalah pasang foto diri Anda yang menarik, elegan, dan terlihat profesional. Tentu saja juga tetap menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

Setelah CV telah disusun dengan baik sedemikian rupa, Anda tinggal mepersiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menghadapi interview kerja dengan persiapan mental dan fisik yang baik. Selamat bekerja!

[zombify_post]

Previous articleHebat! 5 milenial Indonesia masuk daftar anak muda tersukses se Asia.
Next articleJangan Ngaku Ahli Sejarah Kalau Kamu Belum Bisa Jawab Nama Pahlawan Nasional Indonesia Ini