9 Tips Sederhana Buat Kamu Yang Pelupa. Perbaiki Mulai Sekarang!

Semua orang tentu saja pernah mengalami yang namanya lupa menyimpan barang atau memiliki janji temu dengan teman. Tapi, jika masalah lupa tersebut sering menghampirimu bisa jadi kamu termasuk dalam tipe orang yang pelupa alias memiliki daya ingat yang rendah. Sekali-dua kali memang sifat pelupa ini belum terlalu mengganggu. Akan tetapi, jika sifat ini terus-terusan terjadi padamu, bisa-bisa akan membuat aktivitasmu berantakan. Untuk itu, kamu harus mengatasi sifat pelupa tersebut dengan beberapa cara yang telah dirangkum dibawah ini.

1. Visualisasikan Ingatan Dengan Sebuah Benda

Apabila kamu merasa mudah lupa, cobalah untuk mem-visualisasikan ingatanmu dengan menghubungkan hal yang perlu kamu ingat pada sebuah benda. Faktanya sekitar 65% orang dapat belajar dengan cepat dan mudah ketika menggunakan visualisasi.

2. Latih Otakmu Dengan Bermain Game

Setiap kamu memiliki waktu luang, coba mainkan game yang dapat melatih otak. Game-game yang dapat kamu mainkan seperti puzzle, Sudoku, crossword merupakan game yang dapat melatih dan merangsang otak. Tidak hanya itu, ada juga game Lumosity yang telah khusus diciptakan oleh neuroscientist dari amerika. Usut punya usut mereka yang memainkan game ini selama 10 jam akan mampu meningkatkan daya ingat sampai 97% lo.

3. Menggunakan Metode “Cicero” Dalam Mengelompokkan Barang-Barangmu

Jenis metode cicero ini termasuk mengingat beberapa item ataupun benda yang tidak sama yang caranya mengelompokkan kedalam beberapa kategori. Secara kamu akan mengingat berdasarkan kategori dan bukan item. Ketika melupakan salah satu macam, disini kamu dapat mengingat item-item yang menjadi kategori yang serupa.

4. Pakai Metode Dengan Mengingat Kata Kunci

Berdasarka  ilmu psikologi, metode ini dilakukan dengan cara membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok.  Masing-masing kelompok akan diberikan kata kunci yang berbeda. Misalnya untuk mengingat detail, cobalah untuk membuat kata kunci seperti menggunakan nama tokoh. Sebagai contoh, kamu dapat mengingat tokok Einstein atau kisah hidupnya untuk mengingat isi teori relativitas. Atau dapat juga apabila kamu ingin mengingat Jogja, kamu juga bisa mengingat angkringan dan Malioboro.

5. Jangan Lewatkan Tidur Siang

Pasalnya tidur siang dapat meningkatkan daya ingatmu, jadi usahakan untuk tidak melewatkan tidur siangmu. Tidak ada salahnya untuk menghentikan pekerjaanmu dan beristirahat tidur siang setidaknya satu jam.

6. Selalu Ulangi Nama Yang Baru Kamu Kenal Sebanyak 3 Kali

Kamu sulit mengingat nama? Jika Ya maka ketika berkenalan dengan seseorang coba ulangi nama orang tersebut sebanyak 3 kali. Atau kamu juga bisa mengingatnya dengan membayangkan bahwa nama-nama tersebut tercatat dengan warna spidol favoritmu.

7. Lakukan Meditasi Selama 10 Menit Setiap Harinya

Cara lain yang juga dapat kamu coba untuk mengasah fikiranmu adalah dengancara meditasi setiap hari setidaknya selama 10 menit. Penelitian menyebutkan bahwa meditasi mampu menambah kapasitas ingatan dan membuang hal-hal yang kurang penting yang terdapat dalam pikiran kita.

8.Konsumsi Makanan  Yang Kaya Akan  Omega 3

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, tuna, kubis, kerang, biji labu, dan  buah kenari dapat meningkatkan daya ingat. Kamu juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. Karena nutrisi yang satu ini cukup bermanfaat banget lo buat otak.

9. Fokuslah Ketika Orang Lain Mengajakmu Berbicara

Sebagai orang yang berjuang dan berusa menolak lupa, kamu harus benar-benar fokus ketika diajak orang lain berbicara. Sebenarnya ini cara yang paling sederhana namun cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang gangguan dapat membuat pikiran kita nggak fokus sehingga daya ingat menjadi lemah dan berakibat kita jadi gampang lupa.

Nah, itulah tips cukup sederhana yang bisa kamu coba untuk dapat mengasah ingatanmu agar tidak gampang lupa. Mulai dari sekarang kamu sudah bisa melatih ingatanmu dengan mencoba salah satu atau beberapa metode di atas.