Acara Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia

221

Berbagai jenis karya seni kerap kali mendapat apresiasi langsung berupa penghargaan. Di Indonesia sendiri, beberapa acara penghargaan bergengsi di antaranya yaitu Festival Film Indonesia (penghargaan dalam dunia perfilman), Panasonic Gobel Awards (penghargaan dalam dunia pertelevisian), dan Anugerah Musik Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan AMI Awards (penghargaan musik). Selain di tanah air, hampir setiap negara juga menggelar acara penghargaan serupa. Namun karena hanya mencakup karya dalam negeri masing-masing, maka acara-acara tersebut pun hanya populer secara nasional.

Meski demikian, ada juga loh ajang penghargaan bergengsi yang tak hanya berskala nasional namun juga internasional serta populer di dunia. Penasaran? Yuk simak!

1. Miss Universe

Acara penghargaan ini mengambil tema kecantikan yang sangat bergengsi di dunia bahkan hingga saat ini. Diselenggarakan pada tahun 1952 di Amerika Serikat oleh Pasific Knitting Mills. Slogan dalam penilaiannya mengusung prinsip 3B yakni Brain (otak), Beauty (kecantikan), dan Behaviour  (tingkah laku). Hal ini harus terwujud dalam bentuk rasa percaya diri seorang wanita di berbagai macam kegiatan yang dilakukan seperti kampanye positif, kegiatan promosi, dan amal. Selain itu, acara ini berbasis sponsor di mana perusahaan bekerja sama dengan berbagai macam produk dari seluruh penjuru dunia sehingga pemenangnya kelak akan menjadi brand ambassador dari produk-produk tersebut.

2. Miss World

Mungkin kamu sempat mengira bahwa penghargaan Miss Universe dan Miss World itu sama saja, tapi kenyataannya tidak. Ajang penghargaan ini masih bertema kontes kecantikan, bahkan muncul lebih dulu dari Miss Universe di tahun 1951. Adapun perbedaannya adalah Miss World pertama kali diselenggarakan di Inggris, tepatnya di Kota London. Sejak tahun 1972, slogan yang disuarakan berbunyi “Beauty with a Purpose” sehingga diharapkan ajang ini mampu membentuk sosok-sosok wanita yang tidak hanya cantik namun juga berprestasi. Program kegiatan yang difokuskan pun tak jauh berbeda dengan Miss Universe akan tetapi pemenangnya akan menjadi duta kecantikan sekaligus duta amal dari organisasi penyelenggara.

3. Academy Award

Di Indonesia, ajang penghargaan ini lebih dikenal dengan sebutan Piala Oscar. Bisa dibilang Academy Award ini adalah penghargaan tertinggi untuk industri fim layar lebar yang diakui dunia. Bahkan film-film yang masuk nominasi pun sudah dinilai menjadi yang terbaik di kelasnya. Pada awal kemunculannya di tahun 1929, acara ini pertama kali diselenggarakan  di Hotel Hollywood Roosevelt serta diawasi oleh pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Meski demikian, penyelenggaraannya baru mulai bisa disaksikan melalui tayangan televisi pada tahun 1953 dan hingga kini telah disiarkan secara langsung di lebih dari 200 negara di dunia setiap tahunnya.

4. Grammy Award

Ajang penghargaan selanjutnya ini ditujukan pada industri musik dunia. Awalnya, acara tersebut merupakan bagian dari proyek Hollywood Walk of Fame sekitar tahun 1950. Namanya pun berbeda saat itu yakni Gramophone Award dan digelar pada tanggal 4 Mei 1959 oleh National Academy of Recording Arts and Sciences di Amerika Serikat.

5. Nobel Prize

Berbeda dengan ajang penghargaan lainnya yang telah disebutkan di atas, Nobel Prize merupakan penghargaan bertaraf internasional yang diberikan kepada orang-orang yang memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan berbagai bidang kehidupan seperti akademis, budaya, ekonomi, serta perdamaian dunia.

Itulah beberapa acara penghargaan bergengsi bertaraf internasional yang diakui dunia. Karya maupun tokoh yang masuk ke dalam nominasi maupun yang memenangkan penghargaan-penghargaan tersebut tentunya merupakan yang terbaik, namun bukan berarti kategori lainnya termasuk buruk, melainkan masih harus berkembang dengan menonjolkan sisi keunikan dan kualitas terbaik yang bisa ditunjukkan kepada masyarakat dunia.

[zombify_post]

Previous articleHal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Saat Timbul Jerawat
Next article5+ Objek Wisata di Sukabumi yang Keren dan Indah