Agar Lebaran 2020 Tetap Asyik di Tengah Pandemi Covid-19

Lebaran tahun 2020 ini akan terasa sangat berbeda. Bagaimana tidak, jika biasanya kita bisa bebas bersilaturahmi maka tahun ini dibatasi. 1 min


0

Lebaran tahun 2020 ini akan terasa sangat berbeda. Bagaimana tidak, jika biasanya kita bisa bebas bersilaturahmi maka tahun ini dibatasi. Artinya, kita mungkin tak bisa bertemu dengan orang-orang tercinta seperti tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, kita harus punya acara yang menarik agar lebaran tahun ini tetap asyik. Sebenarnya banyak aktivitas yang bisa kita lakukan agar lebaran ini tetap menyenangkan. Misalnya, kita bisa membuat makanan khas lebaran yang bisa kita nikmati bersama orang-orang di rumah.

Kita juga bisa memanfaatkan teknologi untuk menggantikan silaturahmi secara fisik. Kita bisa menggunakan aplikasi di smartphone atau di komputer untuk menghubungi orang-orang yang sedang jauh dari jangkauan kita. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Zoom, Skype dan lain sebagainya. Semua aplikasi tersebut akan sangat membantu untuk silaturahmi secara virtual.

Klook.com

Di tengah pandemi seperti ini, kita memang harus patuh terhadap arahan dari pihak-pihak terkait termasuk imbauan dari pemerintah. Tiada lain, pembatasan sosial di tengah pandemi Covid-19 adalah untuk kebaikan kita bersama. Sebab, seperti yang kita ketahui, virus Corona ini ternyata masih masif penularannya hingga hari ini.

Nah, oleh karena itu kita harus menerima keadaan yang kurang ideal ini. Namun tidak seharusnya keterbatasan ini mengurangi kebahagiaan Idul Fitri 1441 H ini di tengah virus yang masih mewabah. Simak beberapa tips dari kami agar lebaran 2020 ini tetap asyik meskipun #dirumahaja.

  1. 1 Buat Makanan Khas Lebaran


    Idul Fitri pada tahun 2020 ini memang akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu banyak famili berkumpul, banyak tetangga yang berkunjung, momen seperti itu mungkin tidak akan terjadi di lebaran tahun ini. Namun kita harus tetap mampu membuat lebaran tahun ini terasa asyik.

    Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar lebaran tidak beda dari biasanya, kita bisa membuat masakan yang kita suka. Sangat beruntung jika kita masih tinggal bersama beberapa anggota keluarga di rumah. Kita bisa membuat makanan yang spesial khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, dan lain sebagainya. Kemudian kita bisa menggelar makan bersama. Meskipun anggota keluarga tidak lengkap, makan bersama ini akan membuat lebaran tahun ini tetap berkesan.

    Para tetangga mungkin juga tak akan banyak yang bertamu ke rumah kita seperti lebaran tahun lalu. Jika ada mungkin hanya segelintir saja. Namun demikian, tak ada salahnya jika kita tetap membuat jajanan lebaran dan kita suguhkan di ruang tamu.

    Membuat jajanan lebaran sendiri sebelum lebaran akan menjadi kegiatan yang menarik. Anda bisa mencari resep-resep yang belum pernah dicoba. Banyak resep jajanan lebaran yang bisa kita tiru dari YouTube, bukan?

  2. 2 Silaturahmi Online


    Teknologi akan sangat membantu untuk tetap bisa silaturahmi. Pada era dulu, silaturahmi hanya bisa dilakukan secara fisik. Namun bersama berkembangnya zaman, silaturahmi tetap bisa dilakukan dengan bantuan teknologi.

    Kita bisa menggunakan sejumlah teknologi untuk silaturahmi pada lebaran di tengah pandemi ini. Beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan di antaranya adalah WhatsApp. Hampir semua orang pasti sudah familiar dengan aplikasi tersebut dan sudah memiliki di gawai masing-masing. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memberikan pengalaman silaturahmi virtual yang menyenangkan.

    Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk silaturahmi virutal pada lebaran #dirumahaja adalah aplikasi Zoom. Aplikasi satu ini sangat populer khususnya di tengah pandemi Covid-19. Aplikasi ini bisa untuk menggelar penggilan video bersama-bersama. Ini sangat menyenangkan untuk ngobrol bareng bersama anggota keluarga yang sedang jauh di sana.

    Aplikasi lain yang bisa dicoba di antaranya adalah aplikasi Skype atau Google Meet.

  3. 3 Nonton Film Bareng


    Nonton film adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Maka untuk mengisi acara lebaran tahun ini bisa menggelar nonton film bareng bersama keluarga. Walaupun tinggal sendirian, nonton film juga tetap menyenangkan.

    Karena untuk mengisi acara lebaran #dirumahaja, kita bisa memutar film-film bernafas islami dan yang cocok untuk semua kalangan. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan meskipun lebaran di rumah aja. Sambil nonton film, kita bisa sambil ngemil jajan lebaran, sesuatau yang asyik bukan?

  4. 4 Mengasah Skill


    Tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan lebaran tahun ini dengan acara mengasah skill. Contohnya, kita bisa meningkatkan kemampuan kita berbahasa Inggris atau yang lainnya. Ketika keadaan sudah normal dan kita sudah kerja lagi, maka kita akan memiliki kemampuan baru yang bisa membuat teman-teman kita tercengang.

    Itulah beberapa tips agar lebaran di tengah pandemi Covid-19 tetap asyik dan berkesan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality