Ajib! Dari Gang Sempit Di Ciledug, Siswa MTs Tangerang Ini Bobol Situs NASA

130

Menjadi seorang hacker yang berkecimpung di dunia keamanan dan sejenisnya, bukan merupakan sebuah perkara yang mudah. Namun, hal sulit ini ternyata mampu dilakukan dengan hebat oleh seorang Putra Aji Adhari, sosok pelajar SMP yang sudah mahir di dunia Cyber sebagai hacker.

Tak main-main, beberapa situs-situs besar baik di dalam maupun di luar negeri sudah pernah dibobol olehnya. Yang menarik dari sosok Putra Aji ini adalah selain karena usianya yang baru 15 tahun, ia sudah pernah berhasil meretas situs milik NASA yang sistem keamananya terkenal begitu ketat di Amerika Serikat.

Di tengah hingar bingar kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, setidaknya ada dua hal yang saat itu bisa dirasakan oleh umat manusia, terutama di Indonesia, yakni kecanggihan teknologi yang membawa era Internet of Things (IoT) di segala bidang.

Dan hal inilah yang dianggap telah memudahkan kehidupan masyarakat pada umumnya. Sebaliknya, semua kemajuan itu juga membawa kerentanan yang sewaktu-waktu menjadi ancaman bagi individu. Dan pada titik inilah, seorang Putra bermain di dalamnya.

Meski demikian, ia menolak segala bentuk kecurangan dengan memanfaatkan keahliannya sebagai hacker. Selama bergerilya di dunia maya, ia mengaku sudah meretas ratusan situs. Dan salah satu yang paling membuat dirinya berkesan adalah saat ia berhasil membobol website NASA yang notabene dimiliki oleh negara adidaya, Amerika Serikat.

Momen tersebut menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi seorang Putra. Menurutnya, teknik Pentest (penetration testing) yang dilakukannya secara tidak sengaja ternyata sanggup menjebol keamanan dari situs yang membawahi seluruh-seluruh proyek-proyek penting AS dalam mengeksplorasi ruang angkasa.


Uniknya, Putra tertarik mendalami pemprograman komputer setelah melihat kisah-kisah tentang tokoh teknologi dunia yang sukses, seperti Mark Zuckenberg dan Bill Gates. Dari kedua tokoh inilah, Putra mengetahui bahwa kesuksesan keduanya jadi bilioner karena mereka memiliki keahlian di bidang pemrograman. Ia pun lalu tertarik untuk mendalaminya.

Selain NASA, salah satu kesuksesan Putra lainnya adalah ketika ia meretas website milik pemerintah yakni KPU, Bank Indonesia, Bank BCA hingga Bank Mandiri hanya dalam hitungan tiga menit saja. Meski begitu, dia tak menyalahgunakan keahliannya itu, sebaliknya ia memilih jalan sebagai seorang bug hunter atau pemburu Bug (error) pada sebuah sistem.

Apa yang sudah dilakukan Putra Aji seorang siswa madrasah bisa jadi motivasi bagus bagi anak muda di Indonesia, khususnya bagi mereka yang senang dengan internet dan teknologinya.

Meski tak mendapatkan pelajaran komputer di sekolahnya, namun Putra tetap tekun belajar secara otodidak hingga berhasil. Sebagai bug hunter yang beraliran white hat, Putra sukses membuktikan bahwa segala keterbatasan bukanlah penghalang baginya untuk mempelajar apapun.

[zombify_post]

Previous articleBikin Geger! Obrak-Abrik Sistem Google, Remaja Pasuruan Ini Hanya Jurusan IPS Di SMU
Next article[17+] Mengenal Gaya Ciuman Seseorang Berdasarkan Zodiak