Alasan Pentingnya Memakai Skin Care di Malam Hari

156

Memiliki wajah yang sehat nan menawan memerlukan perawatan yang rutin dengan menggunakan skin care. Dalam penggunaannya, skin care tidak hanya digunakan di siang hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari saja, tetapi juga harus digunakan di malam hari untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit.

Menurut dr. Melyawati Hermawan SpKK, selain memberi nutrisi pada kulit, skin care di malam hari juga mampu melindungi kulit dari kekeringan bila kita tidur menggunakan pendingin ruangan. Agar hasil perawatan lebih maksimal, kita memerlukan waktu tidur dengan penggunaan skin care selama enam hingga delapan jam, yang dimulai dari jam sepuluh malam.

photo source: vivaglammagazine

“Malam hari sebaiknya tetap menggunakan krim yang sekaligus bisa bekerja untuk melembabkan dan menutrisi kulit,” Jelas dr. Mely dikutip dari KumparanWOMAN, pada Selasa (23/7).

dr. Refla Syarif SpKK menambahkan, skin care yang digunakan siang dan malam hari sebenarnya sama pentingnya. Tetapi, ada beberapa produk yang hanya bisa dipakai di malam hari karena mengandung efek exfoliating sehingga tidak boleh terpapar sinar matahari.

“Kandungan yang harus ada pada krim malam itu pencerah, pelembab, kolagen, atau hyaluronic acid untuk peremajaan kulit. Sebaiknya krim malam dipakai setiap hari agar hasil optimal,” Tutur dr. Refla dikutip dari KumparanWOMAN.

photo source: IDN Times

Selain ketiga kandungan itu, kita juga harus memperhatikan masalah dan kebutuhan kulit dalam memakai krim malam agar bisa menyehatkan kulit. Sebab, pada malam hari kulit menjadi lebih responsif terhadap obat topikal seperti krim, serum, atau gel.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan kadungan krim malam agar bisa menyembuhkan masalah kulit. Menurut dr. Mely, bila kita memiliki kulit kering, kandungan asam hialuronat bagus digunakan untuk melembabkan. Bagi yang mempunyai flek atau bekas jerawat, bisa menggunakan skin care dengan kandungan yang mencerahkan seperti kojic acid atau vitamin C. Sedangkan untuk kulit berjerawat, gunakan Vitamin A agar tumpukkan sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbul jerawat.

Penggunaan skin care di malam hari tidak hanya dilakukan bagi yang memiliki masalah kulit atau yang sudah muncul kerutan saja. Sebaiknya, menggunakan skin care sudah wajib dilakukan saat usia di atas 25 tahun. Menurut dr. Refla, kondisi kulit di usia tersebut sudah dibantu dengan penggunaan skin care agar sel kulit bisa meregenerasi secara maksimal.

Bila Anda adalah salah satu orang yang malas menggunakan skin care di malam hari, Anda harus ketahui risikonya. Walaupun risiko itu tidak langsung terlihat, tapi lama kelamaan akan menimbulkan dampak negatif pada kulit.

[zombify_post]

Previous articleFreelance Writer Pekerjaan Santai Namun Menjanjikan. Ini Buktinya
Next articleTelinga Berdenging Bukan Tanda Sedang Digosipkan, Inilah Penyebabnya!