Alasan Top Beauty World Pilih Lesti Yang Tercantik ke-5 Di Dunia

322

Lesti Kejora baru-baru ini dinobatkan menjadi sebagai salah satu wanita tercantik dunia di 2020 versi Top Beauty World (TB World). Pedangdut 21 tahun itu bahkan menduduki urutan kelima wanita tercantik yang kecantikannya bersanding bersama Angelina Jolie dan Yoona ‘SNSD’.

Dalam keterangannya di video Youtube, Sabtu (19/12/2020) Top Beauty World (TB World), menceritakan bahwa mereka sudah menyeleksi lebih dari 800 wanita yang masuk ke daftar Nominasi untuk Wanita Tercantik di 2020.

Dari 800 wajah, nama-nama tersebut kemudian diseleksi oleh tiga ahli dalam bidang operasi plastik dan prosedur kecantikan. Kemudian dipilih lagi untuk menentukan siapa yang memiliki wajah paling sempurna.

Ada tiga standar yang digunakan untuk menentukan 100 Wanita Tercantik di Dunia 2020. Indikator pertama dan paling utama adalah rasio wajah sebanyak 50 persen. Disusul berdasarkan voting 30 persen dan Global Beauty Standards sebanyak 20 persen.

Poin terakhir tidak berkaitan dengan kecantikan fisik melainkan kecantikan batin. Mulai dari tubuh, kharisma, inteligensia, aktivitas sosial, dan lain sebagainya.

Nah yang menarik, selain berada di urutan lima, Lesti Kejora juga mendapat predikat Golden Face. Predikat ini bisa jadi merujuk pada Golden Ratio.

Golden ratio sendiri merupakan ukuran yang paling mendekati kesempurnaan wajah berdasarkan rasio. Dalam dunia kecantikan sendiri, istilah Golden Ratio boleh dibilang adalah sebuah metode penghitungan matematis untuk mengukur proporsi sempurna dari wajah seseorang.

Seseorang disebut memiliki Golden Ratio atau garis wajah dari bagian trichion (atas dahi atau garis rambut) hingga ke bagian menton (paling bawah dagu), serta garis wajah dari ujung pipi kiri hingga ujung pipi kanan berbanding 1,618: 1.

Selain itu, apabila jarak dari garis rambut ke alis, dari alis ke rongga hidung, dan dari rongga hidung ke dagu sama atau simetris maka wajah tersebut juga memenuhi Golden Ratio. Ilmu matematika ini diklaim telah diterapkan sejak abad ke-14, di mana para arsitek dan seniman kerap menggunakannya dalam karya-karyanya.

Ribuan tahun kemudian, para ilmuwan mengadopsi rumus matematika ini untuk membantu mengidentifikasi orang yang cantik. Asisten profesor biostatistik Dr. Kendra Schmid misalnya menggunakan Golden Ratio ini untuk mempelajari daya tarik seseorang.

Seperti dikutip dari Oprah, begini cara Dr. Kendra Schmid mengukur wajah berdasarkan golden ratio:

Pertama, Dr. Schmid mengukur panjang dan lebar wajah. Kemudian dia membagi panjang dan lebarnya. Hasil yang ideal menurut definisi golden ratio adalah 1,6 yang artinya wajah seseorang dapat dikatakan cantik dengan ukuran sekitar 1 1/2 kali lebih panjang lebarnya.

Selanjutnya, Dr. Schmid mengukur tiga segmen wajah. Dari garis rambut di dahi ke satu titik di antara mata, dari antara mata ke bagian bawah hidung, dan dari bawah hidung ke bagian bawah dagu. Jika angkanya sama, maka seseorang dianggap lebih cantik.

Terakhir, ahli statistik mengukur fitur wajah lainnya untuk menentukan simetri dan proporsi. Pada wajah yang ideal seperti milik Lesti Kejora, Dr. Schmid mengatakan telinga panjang sama dengan hidung yang panjang, dan lebar mata sama dengan jarak antara kedua mata.

Kembali ke daftar 100 Wanita Tercantik di Dunia 2020, Lesti Kejora hanya kalah satu poin dari Yoona ‘SNSD’ yang berada di urutan keempat dengan perolehan 9149 poin. Sementara posisi tiga ditempati Barbara Palvin, kedua Deepika Padukone dan urutan pertama adalah Hande Ercel, model asal Turki.

Pujian untuk Lesti Kejora pun membanjiri kolom komentar video YouTube TB World. Sebagian besar merasa bangga idolanya masuk dalam daftar bergengsi tersebut.

“Lesti Kejora hijaber woman, Golden face… congrats Dede Lesti…” tulis netizen.

“Congratulations Lesty, she’s beautiful outside and inside..the only hijab woman..” komentar netizen lagi.

“Lesti kejora is pretty girl, talented, a good singer, humble, kind one… she has inner beauty…. I love U my Kejora star….” puji netizen lain.

Previous articleInilah 1O Ilmuwan Berpengaruh di Dunia, Salah Satunya Asal Indo
Next articleRagam Protes Netizen Lesti Terpilih Yang Tercantik Ke-5 Di Dunia