Alternatif Cara Nabung Yang Ringan Dan Tidak Memberatkan

Untuk sebagian orang menyisihkan uang secara rutin bukanlah suatu perkara yang mudah. Mungkin  kamu termasuk tipe tersebut. selalu ada saja alasan yang membuatmu gagal untuk menyisihkan  uang. Mulai dari godaan untuk membeli baju diskonan sampai agenda rutin nongkrong di kafe yang sayang untuk dilewatkan.

Padahal jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh menabung bukanlah hal yang sulit lho. Ini hanya mengenai niat, tekat dan kebiasaan saja. Nah, jika kamu tertarik untuk dapat menyisihkan sebagian uangmu, maka kamu bisa melakukan beberapa tips seperti di bawah ini kok. Siapa tau jika sudah terkumpul bisa kamu belikan gadget, buat jalan-jalan  atau keperluan lainnya.

1. Menabung Selain Dengan Uang, Yakni Menabung Emas

Mungkin sebagian orang nggak mengetahui kalau menabung dalam bentuk emas dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang lho. Investasi jenis ini dapat dibilang cukup menjanjikan untuk masa depanmu. Apalagi dapat dilakukan oleh siapa pun bukan hanya bagi mereka yang sudah mapan secara ekonomi. Untuk memulainya kamu bisa menyisihkan Rp 500-600 ribu dari penghasilan untuk membeli satu gram emas. Jika satu bulan cukup memberatkan maka dapat diganti 2-3 bulan sekali.

2. Kebiasaan Nabung Perlu Dipaksa Dan Membulatkan Tekad

Bagi kamu yang pekerja kantoran, bisa memilih tabungan rencana biar nggak bisa mengelak ketika secara otomatis saldomu dipotong oleh bank. Untuk nominalnya kamu dapat menentukan sesuai dengan penghasilanmu, misalnya saja Rp 100-300 ribu setiap bulannya. Jika dipanen dalam setahun hasilnya lumayan lho.

3. Bagi Pemula Rutin Menyisihkan Uang 10-20 Ribu Juga Bisa Kok

Khusus bagi kamu penabung pemula yang masih belajar soal menabung dan menyisihkan uang, kamu dapat mencoba cara menabung seperti ini. Taruh uang Rp 10-20 ribu dalam toples atau wadah tertutup rapat setiap harinya. Kamu dapat menulis pada bagian depan toples tersebut dengan suatu hal yang ingin kamu beli. Cara menabung yang satu ini jika dibandingkan dengan yang lain dapat dibilang cukup ringan untuk dilakukan bagi kamu yang jarang menyisihkan uang.

4. Menabung Secara Berjamaah Dengan Teman

Ini maksudnya kamu dapat mengkoordinir bendahara kantormu untuk memegang tabunganmu bersama teman-teman. Menabung rame-rame memang mengasyikkan dan dapat kamu coba. Pilih bendahara atau teman kantormu yang paling dapat dipercaya untuk mengkoordinir uang tabungan kalian. Setiap awal bulan, uang gajian akan diambil secara rutin dengan nominal yang ditentukan masing-masing sesuai dengan kemampuan. Untuk jangka waktu pengambilannya kamu dapat membuat kesepakatan dengan teman-temanmu.

5. Menyisihkan Uang Receh Sisa Kembalian

Saat belanja, uang sisa kembalian memang sayang jika dilewatkan. Mungkin beberapa dari kamu masih banyak yang sering meremehkan sisa uang kembalian tersebut. Hal ini entah karena malas menyimpannya atau memang belum sadar betapa berharganya uang recehan itu. Padahal jika ada niat untuk mengumpulkannya dalam celengan, lumayan banget hasilnya jika nanti setahun lagi kamu memanennya.  

6. Pura-Pura Lupa Aja Naruh Uang Di Saku Celana Atau Jaket

Mungkin satu cara ini pernah kamu coba tanpa kesengajaan, dan setidaknya beberapa di antara kamu pernah mengalaminya. Sisihkan uang Rp 50 ribu di saku celana atau jaketmu yang jarang kamu cuci. Setelah itu, kamu dapat pura-pura lupa jika telah menaruh uang di tempat tersebut. Apabila kamu lupa beneran  itu suatu keberuntungan, karena dapat dijadikan sebagai uang simpanan. Jadi, ketika kamu butuh sedikit uang dan kebetulan menemukan uang yang sengaja tertinggal, maka rasanya mungkin senang nggak karuan.

Nah, untuk dapat menyisihkan sebagian uangmu lakukan beberapa tips tersebut di atas. Siapa tau nantinya uang tersebut dapat kamu gunakan untuk kebutuhan yang akan datang. Yuk, belajar menabung mulai dari sekarang!