Anda Harus Tahu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Terasa Seperti Tersumbat

9
Anda Harus Tahu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Terasa Seperti Tersumbat
Sumber : Health Digest

Anda Harus Tahu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Terasa Seperti Tersumbat – Setiap orang mungkin pernah mengalami persoalan kesehatan seperti telinga yang terasa tersumbat.

Kondisi ini bisa saja termasuk ke dalam neuroma akustik, alergi, dan disfungsi sendi temporomandibular (TMJ).

Melansir dari Health Digest, Mayo Clinic mendefinisikan neuroma akustik sebagai tumor non-kanker yang tumbuh lambat yang berkembang pada saraf vestibular yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak kita.

Neuroma ini disebabkan oleh sel Schwann yang tumbuh dan menutupi saraf vestibular. Saraf mengirimkan informasi ke otak dari telinga bagian dalam untuk membantu keseimbangan dan posisi kepala.

Gangguan pendengaran yang terkait dengan neuroma akustik dapat menyebabkan perasaan penuh di dalam telinga, menurut Johns Hopkins Medicine .

Yayasan Asma dan Alergi Amerika menyatakan bahwa pada tahun 2018, sekitar 24 juta orang di AS didiagnosis menderita rinitis musiman, memengaruhi 8% orang dewasa dan 7% anak-anak. Gejala rinitis musiman  termasuk rasa tersumbat, postnasal drip, dan iritasi mata.

Anda Harus Tahu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Terasa Seperti Tersumbat
Sumber : Health Digest

Postnasal drip dan rasa tersumbat disebabkan oleh lender yang menyumbat tuba eustachius, mencegah drainase ke tenggorokan dari telinga bagian dalam.

Disfungsi TMJ terjadi ketika otot dan ligamen di sekitar rahang meradang atau teriritasi. Kondisi yang sudah akut atau kronis, dapat mengakibatkan nyeri ringan atau berat.

Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Tersumbat?

Alergi adalah penyebab umum saluran eustachius tersumbat. Banyak orang mungkin memerlukan penggunaan antihistamin untuk memerangi alergi mereka dan peradangan yang menyebabkan saluran eustachius tersumbat.

Menurut Mayo Clinic, obat lain yang dapat membantu mengatasi telinga tersumbat adalah dekongestan hidung atau oral, steroid hidung topikal, dan obat tetes telinga.

Baca Juga : Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Berfungsi Baik Sampai Tua Nanti

Seiring dengan melakukan pengobatan secara medis, ada pilihan lain yang dapat digunakan di rumah untuk meringankan gejala telinga tersumbat. Uap dapat memperluas saluran hidung, memungkinkan sinus mengalir.

Cara ini ternyata juga dapat meringankan tekanan saluran eustachius yang tersumbat karena alergi atau infeksi. Cukup rebus sepanci air dan hirup uapnya, atau mandi air panas.

Obat lain yang bisa dilakukan di rumah adalah manuver Valsava. Teknik ini membuka sumbatan telinga dengan memaksa udara melalui sinus dan tuba eustachius, menghilangkan tekanan yang terbentuk di tuba eustachius di telinga bagian dalam.

Caranya adalah dengan menutup mulut, cubit hidung, dan tekan udara keluar seperti ketika meniup balon.

Apabila kondis telinga tersumbat tidak dapat teratasi dengan cara alami tadi, maka sangat disarankan untuk berobat ke dokter.

Pilihan pengobatan yang lebih intensif mungkin diperlukan untuk mengeringkan tuba eustachius yang tersumbat.

Namun, jika kondisi ini sudah kronis, maka biasanya ditangani dengan jalan operasi.Salah satu prosedur yang membantu pengeringan tuba eustachius melibatkan memasukkan tabung telinga kecil ke dalam gendang telinga. Tabung ini memungkinkan cairan dari telinga mengalir keluar.

Previous articleTips Diet, Berikut 8 Makanan Yang Bisa Turunkan Berat Badan
Next articleCara Ampuh Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek