Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya

Merasa cemas merupakan hal yang manusiawi dan normal yang sering dialami oleh semua orang. Namun, ketika kecemasan tersebut terjadi secara berlebihan dan secara terus menerus, hal itu bisa saja merupakan gangguan kesehatan mental yang dinamakan anxiety disorder. Selain merasa kecemasan berlebih, penderita anxiety disorder biasanya juga memiliki rasa khawatir dan takut yang tidak beralasan. Beberapa hal diketahui dapat menyebabkan seseorang terkena anxiety disorder, misalnya stress, konidisi fisik yang terlalu lelah, dan ketidak seimbangan kadar kimiawi di dalam tubuh.

Gangguan kesehatan mental ini sebaliknya harus segera diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, apabila penyakitnya sudah mencapai tahap serius, dapat mengakiabtkan insomnia, depresi hingga keinginan untuk bunuh diri. Jika kamu terkena anxiety disorder, terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi anxiety disorder. Cara sederhana ini dapat kamu lakukan secara rutin agar hati dan pikiran menjadi tenang sehingga kecemasan tidak mudah datang. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Merendam kaki dengan air hangat

Cara pertama untuk mengatasi anxiety disorder adalah merendam kaki dengan air hangat setelah lelah beraktivitas seharian. Hal ini dapat membuat otot menajdi lebih rileks. Selain itu, merendam kaki dengan air hangat juga dapat memebrikan efek relaksasi yang bisa meredakan keregangan pikiran dan membuat tidur nyenyak. Jadi, sempatkanlah untuk bersantai sambil merendam kaki dengan air hangat di malam hari. Agar terasa lebih menyenangkan jika sembari menikmati secangkir coklet hangat. Hal itu akan membantumu merasa lebih nyaman, dan melupakan tekanan kehidupan yang bisa memicu stress.

Rutin olah raga

Salah satu penyebab datangnya gangguan kecemasan yang berlebihan adalah kondisi fisik yang tak prima sehingga menyebabkan tubuh mudah merasa kelelahan. Jika kamu sering merasakan kecemasan, maka lakukanlah olah raga secara rutin untuk meningkatkan stamina mu sekaligus untuk menurunkan gejala kecemasan yang kamu rasakan. Olah raga yang dilakukan tak harus berat, kamu cukup berjalan santai atau jogging selama 30 menit setiap hari.

Membaca buku dan mendengarkan music favorit

Ketika kecemasan datang, pikiran kamu tentunya akan dipenuhi hal-hal yang negative dan tidak karuan. Kamu harus segera menghilangkan semua pikiran-pikiran negative itu agar rasa cemas bisa diatasi. Jika mengalami hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan membca buku dan mendengarkan music favoritmu. Membaca buku dapat membawamu memasuki dunia baru dan keluar dari tekanan pikiran yang sedang kamu rasakan, sehingga akan membuatmu lebih santai.

Melakukan meditasi dan latihan pernapasan

Berdasarkan penelitian, melakukan meditasi sederhana selama 10 menit setiap hari dapat menurunkan gejala-gejala gangguan kecemasan. Meditasi dipercaya sangat ampuh untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan focus, terlebih lagi apabila dilakukan di tempat yang sunyi sambil menghirup aroma terapi. Selama meditasi, selain mengontrol pikiran negative, kamu juga dapat melakukan latihan pernapasan agar tubuh lebih rileks karena menghirup lebih banyak oksige. Oksigen tambahan juga dapat memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik yang menimbulkan rasa tenang pada pikiran dan perasaan.

Berbagi cerita dengan keluarga atau sahabat

Ketika kamu mengalami kecemasan atau ketakutan yang berlebihan akan suatu hal, lebih baik jika kamu menceritakan hal tersebut kepada orang terdekatmu, baik itu keluarga, sahabat, atau pasanganmu. Dengan berbagi cerita mengenai apa yang kamu cemaskan, beban pikiranmu akan terasa berkurang dan membuat perasaanmu menjadi lebih lega. Berbagai masukan dan dukungan dari orang terdekatmu juga akan membuatmu berpikir positif, bahwa kamu tidak sendirian menghadapi segala masalah yang ada, dan bahwa masih banyak orang yang peduli dan sayang padamu.

Itulah beberaoa cara sederhana untuk mengatasi gejala kecemasan berlebih datang. Namun selain itu, selalu berpikir positif dan bersemangat dalam menjalani hari-hari menjadi kunci agar gangguan kecemasan dapat diatasi. Jika gangguan kecemasan mu semakin memburuk, segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis.