Awas Jangan Salah! Orang Padang Dan Orang Minang Itu Beda Lho

Sumatera Barat sedang banyak diperbincangkan di dunia politik pasca ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Ibu Puan Maharani mengeluarkan sebuah pernyataan yang sedikit membingungkan.

Nah sebelum membahas lebih jauh, kita bercerita sedikit tentang kontroversi ibu Puan Maharani yang pada Rabu (2/9/2020) melontarkan sebuah pernyataan yang membuat banyak pihak bertanya-tanya saat menghadiri pengumuman cagub cawagub Sumatera Barat.

Dan di sela-sela pengumuman itu, terselip harapan Puan yang sedikit berbau kontroversi, yakni Sumatera Barat diharapkan bisa menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

“Rekomendasi diberikan ke Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni, Merdeka.” ucap ibu Puan.

“Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila,” begitu isi pernyataan ibu Puan.

Ok, kita tidak akan memperpanjang soal perkataan seorang Puan Maharani disini. Terlepas dari isu politik, di artikel kali ini, kita coba membahas soal orang Padang dan Orang Minang itu berbeda.

Awalnya, perantau dari Sumatera Barat kerap disebut orang Padang. Padahal bisa saja mereka bukan orang Padang lho, guys!

Memang, kebanyakan orang perantau dari Sumatera Barat telah terbiasa dipanggil atau disebut orang Padang ataupun orang Minang dari teman-teman di daerah rantau.

Tapi kalau kamu semua tahu, Orang Padang dan Orang Minang itu sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Contoh, bagi orang Minang yang sedang berada dalam rantauan, kerap kali mereka ditanya seperti ini:

“Kamu orang padang ya? Padangnya dimana, Bukittinggi?”

Perlu para traveler ketahui, Orang Padang dan Orang Minang sejatinya sangat-lah berbeda. Belum tentu orang Padang adalah orang Minang, dan begitu juga sebaliknya. Belum tentu juga orang Minang bisa disebut sebagai orang Padang. Namun, tak menutup kemungkinan dia merupakan orang Padang dan orang Minang juga.

Sampai disini bingung? Oke kita lanjut.

Padang merujuk kepada ibukota dari provinsi Sumatera Barat dan orang Padang berarti orang yang memang menetap atau tercatat secara administratif di wilayah Kota Padang. Tapi apakah dia bisa dibilang orang Minang? Bisa jadi iya, tapi bisa juga tidak, semuanya itu tergantung garis keturunan atau yang dikenal dengan istilah Matrilineal.

Nah untuk Minang sendiri biasanya merujuk pada sebuah suku atau identitas dalam masyarakat. Bahasa lebih sederhananya adalah orang-orang yang mempunyai darah keturunan suku Minangkabau.

Apakah orang Minang boleh disebut orang Padang? Bisa, kalau dia menetap, tinggal atau tercatat secara administrasi sebagai warga Kota Padang.

Terus, bagaimana dengan orang-orang Minang yang tinggal di sekitaran Bukittinggi, Solok, Batusangkar, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan lainnya? Kenapa di tanah rantau mereka kebiasaan menjawab ‘iya’ saat ditanya “kamu orang Padang, ya?”

Bisa saja alasannya karena biar tidak ribet menjelaskan kepada kamu-kamu semua yang bukan dari Sumatera Barat. Wilayah Sumatera Barat sudah pasti memiliki banyak daerah, dan kalau mau dijelaskan satu-satu secara mendetail dimana kampung halamannya, kan repot juga guys.

Dan besar kemungkinan yang berasal dari daerah-daerah kecil atau terpencil bakalan sangat tidak familiar untuk kamu semua yang berasal dari luar Sumatera Barat.

Jadi ketika ditanya “apakah kamu orang Padang?” kebanyakan dari para perantau tersebut bakal menjawab ‘Ya’ karena mereka jadi tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar soal daerahnya yang mungkin kamu juga tidak tahu dimana.

Mereka menjawab sedemikian rupa karena rata-rata orang tahunya, Padang adalah ibukota Sumatera Barat, makanya paling enak ya tinggal jawab saja ya saya orang Padang.

Contoh nyatanya, misalkan kamu menjawab “bukan, saya orang Batusangkar,” pasti jawaban kamu ini bakal memunculkan pertanyaan lanjutan, misalnya:

“Batusangkar itu dimana? Beda ya Batusangkar dengan Padang? Jauh tidak Batusangkar itu dari Padang?” dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang bakalan buat kamu repot untuk menjawabnya.

Oke para traveler, itulah perbedaan orang Padang dengan orang Minang. Ingat, bisa jadi orang Padang adalah orang Minang, tapi belum pasti juga orang Minang adalah orang Padang. Awas, jangan sampai salah lagi ya.