Bagaimana Kemampuan Bahasa Inggris Mendikbud yang Baru?

146

Ketika nama-nama menteri kabinet Indonesia Maju diumumkan pada 23 Oktober 2019 lalu, nama Nadiem Makarim adalah salah satu yang paling menyita perhatian. Latar belakangnya sebagai seorang pebisnis dan pendiri Gojek membuatnya diragukan sebagian pihak dalam menangani permasalahan pendidikan di Indonesia. Apalagi sektor pendidikan merupakan yang paling banyak menyerap anggaran negara. 20% dari APBN diperuntukkan bagi sektor pendidikan namun rasanya kualitas pendidikan di Indonesia masih saja jalan di tempat.
Namun artikel kali ini tidak akan membahas pro kontra terkait penunjukkan Nadiem Makarim sebagai mendikbud. Kali ini kita akan melihat sisi lain dari seorang Nadiem Makarim yaitu kemampuan bahasa Inggris nya. Sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan tentu Nadiem harus mampu memberi contoh yang baik, termasuk dalam kemampuan berbahasa Inggris.
Nah, seorang youtuber bernama Sacha Stevenson belum lama ini me-react video Nadiem Makarim ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris. Wanita asing yang menikah dengan pria Indonesia ini memang kerap me-react kemampuan bahasa Inggris para pesohor negeri mulai dari sederet artis papan atas hingga jajaran Presiden Indonesia.
Menurut Sacha sendiri dalam video react tersebut, Nadiem Makarim mendapat nilai 9,5 dalam menuturkan bahasa Inggris. Bahkan bagi Sacha, Nadiem seperti seorang native speaker. Tentu hal ini tak lepas dari latar belakang Nadiem yang pernah kuliah di luar negeri sebelum pulang ke Indonesia untuk berkarier dan mendirikan Gojek.
Akan tetapi, lebih lanjut lagi Sacha menuturkan bahwa Nadiem Makarim kerap menggunakan istilah ilmiah yang kurang familiar digunakan oleh native speaker. Namun tentu hal ini bukan kekurangan melainkan kelebihan dari sang menteri termuda.
Fakta ini patut membuat kita bangga dengan kemampuan individu sang menteri. Setidaknya dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni menunjukkan bahwa Nadiem Makarim adalah seorang pembelajar yang cepat dan peka dengan perkembangan dunia.
Wah, hebat juga ya mendikbud kita, bisa bahasa Inggris layaknya seorang native speaker. Ayo jangan mau kalah sama pak menteri! Kalau Nadiem Makarim saja bisa mengapa kita tidak? toh juga kita sama-sama makan nasi đŸ™‚

[zombify_post]

Previous article3 Fakta Unik Mendikbud Baru, Nadiem Makarim, yang Wajib Kamu Tahu!
Next article5 Pose Cantik Istri Menteri Pariwisata Indonesia, Gista Putri